04 Jan 2021, 21:28Saraf

Mengapa kaki tiba-tiba tidak dapat digerakkan?

RA
Info Penanya: RA0
dokter diagnosa sementara kaki yang tidak bisa berdiri dan dijalankan, asal mulanya lemas lalu terjatuh dan sekarang tidak bisa berdiri lagi
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, RATerima kasih atas pertanyaannya.Kelemahan tungkai yang tiba-tiba dapat menjadi penanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Kondisi ini bisa karena adanya pembuluh darah di otak yang terganggu hingga gangguan pada saraf tulang belakang.

Penyebab tungkai lemas tiba-tiba :

  • Stroke yang terjadi ketika otak tidak mendapat asupan aliran darah yang adekuat karena adanya sumbatan atau pembuluh darah yang bedah di otak. Kondisi ini akan disertai kelemahan pada saraf wajah sehingga jadi pelo, kelemahan di tangan.
  • Adanya cedera pada tulang belakang dapat menyebabkan rasa lemas pada tungkai, kesemutan.
  • Sindrom Guillain-Barre merupakan penyakit autoimun yang menyerang saraf sehingga menyebabkan rasa lemas dan kesemutan pada kaki. Kondisi ini akan berkembang menjadi lumpuh seluruh badan jika tidak tertangani.
  • Penyempitan saraf skiatika. Saraf ini merupakan percabangan saraf tulang belakang menuju bokong lalu ke tungkai.  Umumnya akan menyebabkan rasa seperti panas di kaki, kebas dan kesulitan berjalan karena tungkai yang lemas.
Kelemahan tungkai yang tiba-tiba dapat terjadi pada satu sisi tungkai hingga kedua-duanya.  Untuk itu, jika terjadi mendadak dan menyebabkan tidak dapat berjalan, segera periksa IGD atau dokter spesialis saraf terdekat.  Semakin cepat penanganan, akan semakin cepat pula keluhan teratasi dan tidak menimbulkan keparahan lainnya.   Menjaga pola makan, rutin memeriksakan diri bila memiliki tekanan darah tinggi, gula darah tinggi ataupun kolestrol tinggi dapat mencegah terjadinya tungkai yang tiba-tiba melemah.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
gejala strokestrokekelumpuhan sementaracedera saraf tulang belakang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil