Bagaimana mengobati diabetes?

NM Info Penanya: NM, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya, saya kkan punya sakit diabetes sewaktu, kira2 masih bisa sembuh atau tidak dan bagaimana cara mengatur pola makan agar kadar gula tidak naik? Soalnya akhir2 ini saya sering bgt ngalamin kepala keleyengan serasa mau jatoh, padahal saya Juga sudah menghindari makanan yg manis2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NM,

Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula ditemukan berlebihan di dalam darah sehingga sering muncul keluhan mudah lapar, mudah haus, gatal-gatal, sering kencing, atau penurunan berat badan.

Untuk mengukur kadar gula darah bisa dilakukan pemeriksaan:

  • Gula darah sewaktu. Pemeriksaan gula acak yang bisa dilakukan sewaktu-waktu tanpa perlu puasa.
  • Gula darah puasa. Pemeriksaan yang dilakukan setelah Anda puasa selama 8 jam.
  • Gula darah 2 jam setelah makan.
  • HbA1C. Kadar gula yang ada di dalam sel darah merah, sehingga dapat mengetahui rata-rata kadar gula darah dalam 3 bulan terakhir sebelum pemeriksaan.

Jadi tidak ada istilah diabetes sewaktu. Mungkin yang Anda maksud adalah kadar gula darah Anda tinggi pada pemeriksaan gula darah sewaktu.

Perihal keluhan kepala kliyengan atau terasa ringan dan mau jatuh bisa saja menandakan kadar gula Anda terlalu rendah, karena pembatasan makanan yang sangat ketat.

Untuk mengontrol kadar gula Anda, Anda perlu makan dan minum obat secara teratur. Yang saat ini perlu Anda lakukan adalah cek kadar gula darah ulang terlebih bila Anda sedang menjalankan ibadah puasa dan tunjukkan hasilnya ke dokter sehingga bisa diberikan obat diabetes dengan dosis yang tepat atau cukup dengan mengatur pola makan saja.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.