Bagaimana ciri diabetes?

DI Info Penanya: DI, Pria, 32 Tahun
gini dokter istri saya terkena diabetes saat istri saya lg hamil 8 bln, saat itu anak saya meninggal, karna sesak nafas yg berlebihan, langsung di bawa ke rsud terdekat, yg pertama ke rsud, dokter tdk menyimpukkan klw istri saya terkena diabets, kata doktor istri saya mengalami infeksi paru- paru, setelah 15 hari di rsud istri saya bisa pulang ke rumah dgn keaadaan masih lemah, setelah pulang kerumah sekitar 5 hari istri saya badanya kurus dan sesak nafas terjadi lg, nah saat masuk IGD di sit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DI,

Diabetes adalah penyakit di mana tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula, yang seringkali terjadi akibat kerusakan hormon pankreas untuk memproduksi insulin.

Diabetes ini memiliki beberapa klasifikasi yakni:

  • Tipe 1 yang bawaan dari lahir.
  • Tipe 2 yang biasanya terjadi saat dewasa akibat tidak menjaga pola makan dengan baik.
  • Diabetes gestasional yang terjadi saat kehamilan.

Beberapa gejala-gejala diabetes antara lain mudah lapar, sering haus, penurunan berat badan secara drastis, gatal-gatal di badan, adanya keputihan pada wanita, sering kencing, dll. Dan sayangnya gejala ini muncul bila diabetes sudah cukup parah. Sehingga sebaiknya bila ada faktor keturunan di dalam keluarga yang mengalami diabetes, ada baiknya melakukan check up rutin setiap setahun sekali untuk deteksi dini.

Yang perlu dilakukan untuk mengontrol diabetes adalah:

  • Mengatur pola makan, perbanyak asupan sayur dan buah agar tidak mudah lapar.
  • Batasi atau hindari makanan gorengan atau berlemak.
  • Banyak minum air putih.
  • Tidur secara teratur, karena kondisi kelelahan, stres, atau adanya infeksi bisa meningkatkan kadar gula.
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk membakar kalori.

Bila kadar gula tidak terlalu tinggi, maka dengan pengaturan pola makan, maka istri Anda tidak perlu minum obat. Namun bila dengan perubahan gaya hidup namun kadar gula masih tinggi, maka istri Anda perlu mengonsumsi obat diabetes secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi di kemudian hari. Jangan lupa untuk kontrol kadar gula dan periksa ke dokter penyakit dalam secara teratur.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain sebagai tambahan dalam makanan, terdapat berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan

Rasakan Manisnya Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan Anda

Bumbu dapur kayu manis memberikan cita rasa dan aroma yang manis pada makanan. Namun, manfaat kayu manis tidak hanya sekedar bumbu dapur belaka, tetapi dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi penyakit diabetes.