Sakit diabetes apa jadi mandul?

DI Info Penanya: DI, Pria, 32 Tahun
Dok saya mau tanya perempuan yg terkena diabetes apakah tdk bisa punya keturunan lg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DI,

Diabetes adalah penyakit yang dalam dunia medis disebut sebagai silent killer karena seringkali tidak bergejala, dan baru menimbulkan gejala bila kondisinya sudah parah dan sudah terjadi berbagai komplikasi.

Berbagai komplikasi diabetes meliputi:

  • Mikrovaskular. Biasanya menyerang organ mata berupa penglihatan buram, organ ginjal berupa gagal ginjal, atau adanya kesemutan atau mati rasa pada tangan atau kaki akibat kerusakan saraf. Yang perlu diperhatikan adalah bahaya komplikasi gagal ginjal, karena bila sudah terjadi gagal ginjal maka sudah tidak bisa diperbaiki lagi dan butuh cuci darah secara berkala sebagain pengganti ginjal yang rusak.
  • Makrovaskular. Biasanya muncul sebagai serangan stroke bila menyerang otak, atau serangan jantung (jantung koroner).

Tidaklah benar bahwa komplikasi diabetes pada wanita bisa menyebabkan seseorang menjadi mandul. Namun pada pria, komplikasi diabetes bisa berupa impotensi sehingga tentunya akan menimbulkan masalah saat berhubungan seksual dan memperkecil kemungkinan terjadinya kehamilan karena sperma tidak bisa masuk ke dalam vagina.

Sebaiknya jalankan pola hidup sehat, dan kontrol ke dokter penyakit dalam bila memang ada riwayat keturuna diabetes, atau ada gejal-gejala seperti mudah lapar, sering haus, penurunan berat badan, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah untuk diabetes sebaiknya dengan indeks glikemik rendah, seperti Alpukat.

Tak Boleh Makan Manis, Adakah Buah untuk Diabetes?

Konsumsi buah untuk diabetes melihat kandungan indeks glikemiknya. Sebaiknya konsumsi buah yang indeks glikemik rendah, seperti alpukat, anggur, apel, mangga, stroberi, dsb.