Buah bit dapat menurunkan gula darah. Apa benar?

DA Info Penanya: DA
sore dok, apakah buat bit dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DA.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Buah bit mengandung folat, kalium, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat dari buah bit:

  • Buah bit kaya akan fitokimia yang telah terbukti memiliki efek pada pengaturan gula darah dan insulin pada manusia. Sebuah studi pada tahun 2014 mengatakan bahwa manfaat dari mengonsumsi jus buah bit sebanyak 225 ml dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. 
  • Memiliki kandungan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menimbulkan penyakit serius, termasuk penyakit jantung dan kanker
  • Menurunkan risiko komplikasi dari diabetes. Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil dan pembuluh dasar besar. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ditemukan dalam buah bit dapat menurangi risiko komplikasi diabetes, seperti kerusakan ginjal, saraf, maupun penyakit kaki diabetik
  • Menurunkan tekanan darah

Efek samping dari mengonsumsi buah bit dapat membuat urine menjadi berwarna merah muda atau merah, ini sebenarnya tidak berbahaya namun dapat membingungkan karena orang dapat mengira ini adalah kencing darah, meskipun kenyataannya hal yang normal.

Namun bukan berarti mengonsumsi buah bit sebagai pengganti dari mengonsumsi obat diabetes. Obat anti diabetes tetap harus diminum, sehingga buah bit dapat digunakan sebagai pendamping saja. Konsultasikan ke dokter agar mendapatkan terapi yang sesuai.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan muncul berkat kandungan antioksidannya

Diklaim Banyak Khasiat, Inilah Manfaat Buah Mengkudu Menurut Medis

Mengkudu atau noni adalah buah yang sering digunakan sebagai obat tradisional. Menurut medis ada beberapa manfaat buah mengkudu lainnya seperti, meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengurangi gejala infeksi dan inflamasi pada perokok berat.