Diabetes apakah penyakit turunan?

AN Info Penanya: AN
Selamat sore dok, saya mau bertanya ayah saya memiliki diabetes di saat saya umur 21 tahun, sebelum nya tidak ada keluarga yang memiliki diabetes. Apakah saya akan menurunkan penyakit itu dari ayah saya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AN,

Penyakit diabetes memang memiliki faktor keturunan, namun bukan berarti bila orang tuanya diabetes, anaknya pasti diabetes. Namun bila oang tuanya diabetes, maka kemungkinan anaknya mengidap diabetes lebih besar dibanding anak yang orang tuanya tidak ada diabetes.

Diabetes sendiri memiliki ciri-ciri mudah lapar, sering haus, penurunan berat badan, sering gatal-gatal, sering kencing. Dan diabetes ini dibedakan menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dimana ditemukan diabetes sejak lahir karena adanya kerusakan pankreas, sedangkan diabetes tipe 2 ditemukan diabetes ketika sudah dewasa atau usia lanjut akibat pola makan yang tidak benar.

Selain faktor genetik, pola makan sangat berperan penting. Sehingga bila Anda memiliki orang tua yang diabetes perlu mulai menjaga pola makan dengan cara :

  1. Batasi kalori yang masuk.
  2. Hindari makanan yang manis-manis, seperti kue kering, minuman bersoda, alkohol, batasi asupan nasi.
  3. Perbanyak makan sayur dan buah agar tidak mudah lapar.
  4. Hindari makan terlalu kenyang.
  5. Minum air putih yang banyak minimal 2 liter/ hari.
  6. Lakukan olahraga secara rutin 30 menit setiap hari.

Anda juga perlu sesekali melakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk deteksi dini, dan lakukan pemeriksaan ke dokter bila hasil laboratoriumnya tidak normal.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes yang tidak ditangani bisa meningkatkan risiko ulkus Dekubitus.

Jaga Kadar Gula Darah Normal untuk Hindari Ulkus Dekubitus!

Pola hidup sehat sangat membantu penderita diabetes dalam menjaga gula darah normal. Gula darah normal mengurangi risiko mengalami ulkus dekubitus atau luka karena tekanan terus menerus.