Diabetes dan batuk-batuk berdahak

AN Info Penanya: AN, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau bertanya ibuk saya sakit diabetes lalu ibuk saya batuk batuk berdahak dan itu sangat mengganggu sekali itu bagaimana solusinya dan apakah itu merupakan efek samping dari obat diabetes yang diberikan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Diabetes merupakan penyakit kronis dengan gangguan pada organ pankreas sehingga membuat kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Kondisi ini dapat memicu timbulnya beragam permasalahan kesehatan lain seperti gangguan ginjal, gangguan saraf atau neuropati, gangguan kehamilan, gangguan pembuluh darah, dan juga meningkatkan risiko infeksi pada tubuh.

Batuk-batuk berdahak yang timbul pada ibu Anda dapat dipicu oleh beberapa penyebab seperti:

  • Infeksi saluran pernapasan baik timbul karena infeksi jamur, virus, bakteri ataupun bakteri spesifik seperti tuberkulosis
  • Reaksi alergi
  • Iritasi pada saluran napas
  • Penggunaan obat tertentu

Untuk itu apabila batuk mengganggu periksakan kondisi ibu Anda, dimana nantinya akan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, foto rontgen, pemeriksaan sampel dahak dan lainnya yang diperlukan sebelum ditentukan pengobatan yang sesuai. 

Untuk mengurangi gejala batuk dapat dilakukan beberapa upaya seperti mengonsumsi air hangat dan madu, dilakukan inhalasi dengan uap air panas, gunakan pelembap ruangan atau humidifier, ataupun bisa menggunakan essential oil untuk melegakan saluran pernapasan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelelahan dan badan lemas yang terjadi terus-menerus bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari

Sering Capek? Cari Tahu Penyebab Badan Lemas

Sering merasa lelah dan badan lemas? Penyebab badan lemas bisa dikarenakan berbagai alasan. Namun, apapun alasannya, Anda perlu menelusuri penyebab badan lemas yang dialami, terutama jika badan lemas dirasakan secara terus-menerus dan menyulitkan kegiatan sehari-hari.