21 Jun 2020, 16:15Kulit & Kelamin

Keluar benjolan bernanah di sekitar alat kelamin pria

SU
Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok diatas alat kelamin saya ada benjolan kecil yang keluar nanah saat dipencet,saat buang air kecil tidak sakit sama sekali saat beraktivitaspun tidak sakit tapi pas dipencet agak sakit,saya masih berumur 16tahun itu kenapa ya dok,mohon jawabannya dok???? saya takut dok???Kategori saya isi infeksi dok karna saya tidak tahu harus diisi apa?
11275 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang A,Benjolan di sekitar alat kelamin pria adalah keluhan yang bisa timbul baik akibat infeksi di kulit sekitar kelamin, infeksi karena penyakit menular seksual ataupun penyebab lainnya.Beberapa penyebab timbulnya benjolan di sekitar alat kelamin sendiri diantaranya adalah:
  • Adanya infeksi kulit seperti bisul atau jerawat, peradangan folikel rambut kemaluan atau disebut folikulitis
  • Infeksi virus seperti molluscum contagiosum, herpes
  • Infeksi parasit seperti kudis atau kutu rambut kemaluan
  • Reaksi alergi
  • Penyebab lainnya.
Untuk itu perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya dengan memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis kulit dan kelamin. Usahakan tidak memencet atau memecahkan benjolan yang timbul agar tidak terjadi iritasi atau infeksi yang lebih berat.Jaga kebersihan kulit sekitar kelamin dengan mandi teratur, ganti pakaian dan pakaian dalam secara rutin, hindari penggunaan celana yang terlalu ketat, hindari aktivitas seksual, dan bisa membersihkan nanah yang keluar dengan kassa steril dan bersihkan dengan air mengalir atau bisa menggunakan larutan NaCl.Segera periskakan agar diketahui apa penyebabnya, jika karena bakteri nantinya akan diberikan salep antibiotik ataupun obat minum untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kulit sekitar kelamininfeksi kulit
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil