19 Jun 2021, 21:13Psikologi

Apakah menyimpan masalah sendiri itu baik?

RE
Info Penanya: RE, Wanita, 14 Tahun
Papa aku ngomong soal masa kecil ku yang di manjain semua nenek ku, di gendong trs, di sayangi, makan enak. Tapi adek-adek aku gak ngerasain kaya gt jg Sakit banget rasanya, kan dulu kecil aku tdk tahu apa-apa.... Lagian...aku tdk tahu kalau aku sering di manja... Sakit banget itu pokoknya Trs aku kalau ada masalah suka mendem sendiri Kalo cerita ke org rasanya kaya dia jahat Berkali-kali aku berdoa agar mati Mati mati Gak di kabulkan, ada nya rasa sakit yang terus berkembang di dlm diri ku
113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RETerima kasih atas pertanyaannya.Rasa marah, kecewa, tidak suka, benci, sedih adalah bentuk emosi yang normal pada manusia.  Hanya bagaimana cara kita dapat mengontrol emosi ini agar tidak membuat diri ini menarik diri dari lingkungan dan menganggu aktivitas sehari-hari seperti jadi tidak konsenstasi, malas belajar, senang menyendiri, hingga berpikir tentang kematian. Jadi cara anda memendam masalah itu merupakan cara yang kurang benar karena hal ini lah yang nantinya menimbulkan pikiran negatif sehingga berpotensi untuk terjadi stres berat, cemas berlebihan, depresi, bipolar, depresi serta gangguan psikologis lainnya.  Lalu terkait membandingkan dengan saudara, hal ini seharusnya menjadi motivasi diri bagaimana caranya agar anak yang dulunya dimanja saat ini sudah berubah menjadi orang yang bertanggung jawab, bijak, cerdas, bisa menjadi panutan adik-adiknya serta membanggakan keluarga.  Jangan jadikan perkataan yang negatif menjadi negatif tapi rubah kata-kata tersebut masuk ke pikiran anda menjadi suatu perkataan yang positif. 

Beberapa cara dalam merubah pikiran negatif menjadi positif

  • Setiap pagi, didepan kaca, lakukan motivasi diri untuk membuka hari dengan energi positif.
  • Lakukan aktivitas yang positif pula, contohnya bantu orang tua, belajar yang benar, ikuti kelas tambahan, bermain bersama saudara, gali potensi diri.
  • Olahraga rutin setiap hari untuk membantu kesehatan mental.
Bila dengan cara ini tidak juga membuat anda tenang, tidak ada salahnya konsultasi dengan psikolog guna dilakukan tanya jawab lanjutan terkait kondisi psikologis anda. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
depresimasalah kejiwaanstresgangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil