Dexamethasone dan alleron apakah bisa dikonsumsi secara bersamaan?

HW Info Penanya: HW
Saya terkena penyakit biduran..dokter memberikan resep dexamethasone dan aleron...apakah ada efek sampingnya obat tsb jika di komsumsi bersamaaan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, H.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Dexamethasone adalah salah satu obat golongan kortikosteroid. Obat ini digunakan untuk mengobati radang sendi, alergi, gangguan usus, gangguan pernapasan, dan kanker usus tertentu. Obat ini tergolong obat keras dan harus dengan resep dokter. 

Alleron adalah salah satu merek obat yang mengandung chlorpheniramin maleat. Obat ini termasuk salah satu obat antihistamin yang digunakan untuk mengatasi keluahan gatal yang disebabkan oleh alergi maupun gigitan serangga. Obat ini juga termasuk obat keras sehingga harus dengan resep dokter dalam mengkonsumsinya.

Kedua obat diatas memang sering digunakan untuk mengatasi biduran atau urtikaria pada kulit yang disebabkan karena alergi. Kedua obat ini dapat dikonsumsi secara bersamaaan sesuai dengan petunjuk dari dokter yang memberikannya. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kedua obat ini memiliki efek samping berupa nyeri perut, pusing, rasa mengantuk, dll. Jika timbul efek samping, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan segera ke dokter.

Salam sehat, 

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biduran pada bayi menyebabkan munculnya ruam kemerahan dan bengkak di bagian-bagian tubuh tertentu seperti kaki, tangan, dan wajah

Ketika Muncul Biduran pada Bayi, Kapan Harus Khawatir?

Saat kulit bayi memerah dan sedikit membengkak di beberapa bagian tubuh, itulah yang disebut urtikaria atau biduran. Pemicu biduran pada bayi bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, makanan, hingga infeksi virus dan bakteri.