Deteksi dini dan penganganan stroke

I Info Penanya: I, Wanita, 18 Tahun
Dok, ayah saya berusia 60 tahun dan memiliki penyakit kolesterol tinggi. Saya khawatir ayah saya akan terserang stroke, dok. Saya dengar, jika sudah terlambat 30 menit dari pertama serangan, stroke akan sulit disembuhkan, dok? Ada juga yang menyarankan untuk menusuk jari untuk mengeluarkan darah jika terjadi serangan stroke. Namun, dok, sebenarnya bagaimana cara mengetahui kapan serangan itu terjadi, dok? Mohon bantu penjelasannya, dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IJ.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Stroke adalah penurunan kemampuan neurologis akibat gangguan pembuluh darah di otak baik karena penyumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah. Dalam penanganan stroke waktu adalah hal yang penting dimana pada stroke perdarahan jika lebih lambat akan lebih banyak darah yang terjadi dan kerusakan otak lebih besar, berbeda dengan stroke penyumbatan dimana gejala yang timbul tidak secepat dan seberat stroke perdarahan. Pemicu dan faktor risikonya sendiri adalah tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, kadar lemak darah tinggi, obesitas, diabetes, konsumsi obat pengencer darah, adanya pembuluh darah yang abnormal di otak, dan lainnya.

Mitos mengenai 30 menit dari pertama serangan dan cara menusuk jari untuk mengeluarkan darah adalah informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Jika stroke perlu diperhatikan gejala yang timbul yaitu dengan metode FAST yaitu:

  • Face : melihat wajah yang tampak tidak simetris, alis tinggi sebelah, bibir tampak jatuh, sulit tersenyum dan lainnya
  • Arms : Tampak kelemahan pada satu atau kedua belah sisi tangan, tangan sulit diangkat atau digerakan, mati rasa dan lainnya
  • Speech : Bicara menjadi sulit, terdengan pelo atau cadel, bicara kacau, atau tidak bisa bicara
  • Time : Jika ada gejala ini perlu segera ke rumah sakit terdekat

Pada stroke karena perdarahan timbul gejala yang lebih berat seperti sakit kepala hebat, muntah menyembur, dan pingsan atau kehilangan kesadaran karena tekanan di kepala yang tinggi.

Nantinya perlu dilakukan evaluasi untuk menilai apakah terjadi stroke dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti CT scan dan dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter spesialis saraf. Semoga bermanfaat.

Salam sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab kejang pada lansia bisa beragam, namun yang paling umum berkaitan dengan stroke

Stroke, Penyebab Kejang paling Umum pada Lansia

Stroke adalah salah satu penyebab kejang yang paling umum pada lansia. Namun, orang yang mengalami stroke, belum tentu juga akan mengalami epilepsi. Meski jarang diketahui, hubungan antara stroke, kejang, dan epilepsi sebenarnya cukup erat.