Detak jantung cepat saat berdiri atau berjalan

AG Info Penanya: AG, Pria, 21 Tahun
Dok saya mau nanya, kadang tiap kali saya duduk atau tiduran detak jantung saya normal normal saja, tapi kalo saya berdiri atau berjalan sebentar saja detak jantung saya cepat bener. Itu kenapa yah dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AG,

Denyut jantung normalnya adalah 60-90 kali permenit, dimana bisa berubah-ubah dipengaruhi oleh beragam faktor terutama salah satunya adalah aktivitas fisik. Jika melakukan perubahan gerakan atau perubahan posisi tubuh dengan mendadak atau cepat juga bisa menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat ataupun bisa disertai keluhan lain seperti misalnya pusing, kondisi ini bisa disebut dengan hipotensi ortostatik dan perlu diperiksakan tekanan darahnya juga.

Apabila sering kali mengalami jantung berdebar, perlu coba menghitung berapa denyut jantungnya atau bisa menggunakan perangkat lain seperti jam pintar (smartwatch) yang dilengkapi penghitung denyut jantung ataupun perlu dilakukan pemeriksaan rekam jantung. 

Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu denyut jantung berdebar kencang dan lebih dari normal atau istilahnya takikardia adalah:

  • Tekanaan darah tinggi
  • Gaya hidup kurang baik seperti kurang tidur, pola makan yang kurang baik, stres atau cemas, kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi
  • Mengalami dehidrasi atau kurang asupan cairan
  • Gangguan jantung seperti masalah katup jantung, gagal jantung, penyumbatan pembuluh darah
  • Gangguan tiroid

Jadi perlu perhatikan ada tidak faktor yang jadi pemicunya dan juga hindari, upayakan menerapkan pola hidup sehat agar kondisi jantung juga lebih sehat, lakukan olahraga rutin, menjaga pola makan, hindari dan kelola stres dengan baik serta bisa menjaga kondisi fisik dan mental agar tetap fit.

Jika denyut jantung sering kali berdebar dan ternyata ada masalah nanti penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya baik dilakukan terapi pengobatan ataupun tindakan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AG
01 Aug 2020, 16:11
Cuma masalahnya ini tiap saya berdiri doang dok, mau saya berdiri tiba" atau berdiri pelan" tetep aja berasanya cepet.pernah saya hitung itu bisa sampai 140-160bpm
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
02 Aug 2020, 08:35
Selamt pagi AG
Untuk mengetahui penyebab pastinya, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter spesialis jantung terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan beberapa pemeriksaan penunjang lain bila diperlukan.Sehinga Anda mendapatkan tatalaksana dan terapi pengobatan yang sesuai.
Usahakan untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi, hindari stres dan kelelahan, serta cukupi kebutuhan cairan haian Anda.
Terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi dapat menjadi penyebab jantung berdebar

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang

Ada banyak penyebab jantung berdebar, mulai dari yang ringan sampai yang serius. Umumnya, detak jantung yang normal berkisar dari 60 - 100 detak per menit.