30 Jul 2020, 13:53Jantung

Detak jantung cepat saat berdiri atau berjalan

AG
Info Penanya: AG, Pria, 21 Tahun
Dok saya mau nanya, kadang tiap kali saya duduk atau tiduran detak jantung saya normal normal saja, tapi kalo saya berdiri atau berjalan sebentar saja detak jantung saya cepat bener. Itu kenapa yah dok ?
9379 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang AG,Denyut jantung normalnya adalah 60-90 kali permenit, dimana bisa berubah-ubah dipengaruhi oleh beragam faktor terutama salah satunya adalah aktivitas fisik. Jika melakukan perubahan gerakan atau perubahan posisi tubuh dengan mendadak atau cepat juga bisa menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat ataupun bisa disertai keluhan lain seperti misalnya pusing, kondisi ini bisa disebut dengan hipotensi ortostatik dan perlu diperiksakan tekanan darahnya juga.Apabila sering kali mengalami jantung berdebar, perlu coba menghitung berapa denyut jantungnya atau bisa menggunakan perangkat lain seperti jam pintar (smartwatch) yang dilengkapi penghitung denyut jantung ataupun perlu dilakukan pemeriksaan rekam jantung. Beberapa hal yang bisa menjadi pemicu denyut jantung berdebar kencang dan lebih dari normal atau istilahnya takikardia adalah:
  • Tekanaan darah tinggi
  • Gaya hidup kurang baik seperti kurang tidur, pola makan yang kurang baik, stres atau cemas, kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi
  • Mengalami dehidrasi atau kurang asupan cairan
  • Gangguan jantung seperti masalah katup jantung, gagal jantung, penyumbatan pembuluh darah
  • Gangguan tiroid
Jadi perlu perhatikan ada tidak faktor yang jadi pemicunya dan juga hindari, upayakan menerapkan pola hidup sehat agar kondisi jantung juga lebih sehat, lakukan olahraga rutin, menjaga pola makan, hindari dan kelola stres dengan baik serta bisa menjaga kondisi fisik dan mental agar tetap fit.Jika denyut jantung sering kali berdebar dan ternyata ada masalah nanti penanganan akan disesuaikan dengan penyebabnya baik dilakukan terapi pengobatan ataupun tindakan jika diperlukan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatantakikardiajantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil