Apakah gejala maag dan hipertensi yang saya alami berhubungan?

AG Info Penanya: AG, Pria, 21 Tahun
Dok saya mau nanya, saya umur 21 tahun. 2 minggu yg lalu asam lambung saya naik dan maag kambuh lagi, dan kali ini di sertai tensi yg cukup tinggi. Saya mau nanya, apakah detak jantung bisa di pengaruhi oleh asam lambung yg naik dan tensi darah yg naik jga ? Soalnya belakangan ini detak jantung saya terbilang cepat saat sedang bergerak, dan saat istirahat (duduk atau tiduran) jga masih di atas normal, kecuali tubuh saya relax, dan pikiran saya jga. Bagaimana itu dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,  A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gastritis sering kali diseubut dengan Maag. Pada penyakit gastritis terjadi peradangan pada lapisan dinding lambung. Gastritis ini sering disebabkan oleh infeksi dari bakteri dan dapat menyebabkan luka pada lapisan lambung.

Adapun tanda dan gejala dari gastritis adalah:

  • Rasa nyeri pada perut bagian atas (ulu hati)
  • Mual dan atau muntah
  • Adanya gangguan pencernaan
  • Perut terasa kembung
  • Nafsu makan menurun

Seringnya terlambat makan atau makan tidak teratur, tidak menjaga kebersihan, konsumsi alkohol, atau efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu dapat memicu timbulnya gastritis.

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah diatas 130/90 yang diukur saat sedang dalam keadaan istirahat. Terkait dengan keluhan Anda perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari hipertensi dna juga naiknya detak jantung Anda. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh respon nyeri yang Anda rasakan meningktakna detak jantung dna juga tekanan darah Anda. 

Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menunda jam makan, konsumsi makanan bergizi, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Bila keluhan tidak membaik, periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar Anda mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai dengan penyebabnya.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AG
24 Jul 2020, 15:11
Baiklah dok terima kasih atas saran nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jul 2020, 08:11
Selamat pagi,AG
Baik sama-sama semga dapat bermanfaat ya penjelasannya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perbedaan simvastatin dan atorvastatin salah satunya adalah cara kerjanya

Perbedaan Simvastatin dan Atorvastatin untuk Turunkan Kolesterol

Perbedaan simvastatin dan atorvastatin ternyata tetap ada meskipun tujuannya sama-sama untuk menurunkan kolesterol. Anda pun harus jeli memahami perbedaan keduanya.