Bagaimana cara mengatasi dermatitis kontak?

A Info Penanya: A, Wanita, 28 Tahun
apakah dermatitis contact perlu ke dokter ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Dermatitis kontak atau peradangan kulit akibat kontak dengan zat tertentu baik yang sifatnya alergen atau disebut dengan dermatitis kontak alergi ataupun yang sifatnya iritan atau disebut dengan dermatitis kontak iritan sering kali menimbulkan keluhan akut pada kulit baik menimbulkan ruam, rasa gatal ataupun gejala yang lebih berat seperti lepuhan kulit sampai bisa memicu infeksi.

Jika keluhan ringan, bisa diatasi dengan segera menghindari paparan dengan pemicu gejala dan bisa berikan lotion calamine untuk mengurangi keluhan yang timbul. Pada dermatitis kontak alergi sering kali keluhan tidak timbul secepat dermatitis kontak iritan dan keluhan bisa lebih ringan.

Jika timbul keluhan yang cepat meluas, dan lebih berat perlu segera periksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk mengatasinya. Jika karena terkena bahan iritan perlu dilakukan penangana sesuai dengan iritannya karena jika tidak bisa memicu keluhan yang lebih berat. 

Untuk itu perhatikan apa yang menjadi pemicu keluhan dan berat ringannya keluhan yang timbul. Ada baiknya juga mencatat apa yang menjadi pemicunya sehingga bisa dihindari di kemudian hari. Tes alergi juga bisa menjadi pilihan sehingga tau zat apa yang menjadi pemicunya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab kulit bersisik salah satunya adalah penyakit eksim

Kenali Macam Jenis Kulit Bersisik dan Penyebabnya

Kulit bersisik adalah kondisi gangguan pada kulit. Penyebab kulit bersisik dapat disebabkan beragam hal mulai dari eksim, psoriasis, dermatitis popok, dll.