19 Apr 2021, 03:03Psikologi

Apakah bunuh diri tanda depresi ?

VH
Info Penanya: VH0
Dok saya sejak kecil saya sudah dipukul pakai barang barang sampai sekarang dan saya juga dlu sejak sd sudah dilecehkan dan saya korban bully sejak itu saya trauma dan saya suka berantam dengan ortu saya,saat itu saya berantam dengan mama saya dan mama saya bilang kenapa gak mati sekalian saat saya rintih kesakitan habis dipukul. Semenjak itu saya sering siletin tangan dan selalu berniat untuk bunuh diri jadi bagaimana cara nya agar saya tidak begitu? Saat keluhan mucul maag saya kambuh. Saya juga sering tertawa sendiri. Dok saya gak kuat tolong bantuannya dok ..
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, V.Pentingnya merawat dan memberikan kasih sayang optimal kepada anak. Anak adalah amanah yang harus orangtua jaga, bukan sebagai pelampiasan saat orangtua emosi dan memiliki banyak masalah. 1 kata kasar yang keluar, terlebih tindakan, membuat masa kecil anak suram. Tak jarang anak menjadi depresi.

Apa yang membuat anak depresi terbawa hingga dewasa ?

Keluhan yang Anda alami berupa rasa sedih, berniat bunuh diri akibat masa kecil yang selalu dipukul, dibully disebabkan oleh depresi yang mendalam. Depresi ditandai pula dengan rasa bersalah, tidak semangat menjalani hidup, merasa lemas, takut, sulit tidur. Selain depresi, penyebab yang Anda rasakan karena post traumatic stress disorder (PTSD) dimana rasa trauma membuat Anda terngiang-ngiang, menganggu seluruh aktifitas, dan konsentrasi.Depresi yang tidak diatasi dengan baik menganggu emosional sehingga muncul rasa  ingin tertawa dengan kencang, berbicara terus menerus, merasa sangat gembira tanpa ada alasan. Dimana ini merupakan episode mania dari gangguan bipolar.

Bagaimana cara mengatasi depresi ?

Cara mengatasi depresi antara lain :
  • Lupakan perlahan masa lalu Anda.
  • Ambil hikmah setiap masalah.
  • Berkumpul dengan teman atau keluarga yang mendukung Anda.
  • Lakukan hobi.
Atasi depresi dan rasa trauma Anda. Tetap jaga kesehatan, imun tubuh, makan teratur, agar maag tidak kambuh. Konsumsi antasida untuk mengatasi nyeri ulu hati. Konsultasi segera ke psikiater untuk membantu Anda menghadapi semua masalah.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresibipolarpost traumatic stress disorder (PTSD)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil