Mengatasi depresi, bagaimana caranya ?

AN* Info Penanya: AN*
Dari kecil saya sering di buli, di kucilkan,hampir di perkosa, di siksa, dan di kekang. Semenjak aku SD kelas 3 aku jadi hiperaktif dan multitalent karena untuk mencari kebahagiaan dan melepaskan depresiku. Namun saat ini, saya sering depresi dan ingin sekali membunuh orang. Banyak masalah yang saya hadapi hingga saya tidak mampu untuk mengatasinya. Bahkan bertemu dengan orang ataupun mau di periksa entah itu kesehatan saat sakit dan tugas dari dosen saya selalu sangat ketakutan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IIP.

Depresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang mengakibatkan timbulnya perasaan sedih yang berkepanjangan dan tidak kunjung mereda atau menghilang. Keadaan depresi tersebut bisa membuat penderitanya mengalami kehilangan minat akan hal yang disukai, menghadapi kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-harinya serta merasa tidak layak untuk menjalani hidup.

Depresi merupakan gangguan mental yang serius, berbeda dengan kesedihan biasa pada umumnya dan tidak dapat dengan mudah hilang dengan kata-kata motivasi. Terkadang penderita tidak menyadari telah mengalami depresi dan jika tidak segera mendapatkan bantuan dan terapi, depresi dapat jatuh pada derajat yang berat dan membahayakan diri penderitanya.

Kendati penyebab depresi belum sepenuhnya dipahami, terdapat beberapa faktor yang pemicu yang dapat terjadi bersamaan dan menyebabkan terjadi depresi.

Berikut faktor-faktor pemicu terjadinya depresi yang meliputi:

  • faktor biologis, berupa perubahan fisik otak, ketidakseimbangan hormon dan perubahan zat kimia otak yang mengatur keseimbangan suasana hati
  • adanya peristiwa traumatis yang berat 
  • faktor genetik atau keturunan
  • jenis kepribadian tertentu yang rentan 
  • efek samping penggunaan obat-obatan tertentu
  • cedera kepala
  • riwayat depresi sebelumnya
  • penyakit dan kondisi medis kronik

Terkait dengan gejala yang Anda rasakan, kemungkinan telah jatuh pada kondisi depresi dengan derajat sedang-berat yang sudah membutuhkan bantuan ahli. Akan tetapi depresi sendiri memiliki panduan diagnosis khusus yang telah diatur secara internasional dan nasional, maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh ahli untuk memastikannya.

Sementara Anda dapat mencoba tips yang dapat membantu meringankan depresi dengan berbagai cara alami di artikel berikut.

Namun, sangat disarankan bagi Anda segera menemui ahli yakni Psikolog dan Psikiater untuk dapat membantu Anda menjalani terapi yang tepat untuk keadaan yang Anda alami agar dapat kembali menjalani hidup sebagai individu yang utuh.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menghilangkan kesedihan umumnya terjadi secara bertahap dan disebut stages of grief

5 Stages of Grief (Tahap Kesedihan) dan Bagaimana Cara Melaluinya

Setiap orang menghadapi rasa duka dengan cara yang berbeda-beda. Terdapat stages of grief atau tahap kesedihan yang perlu dipahami untuk membantu dalam mengidentifikasi di mana Anda tengah berada dalam proses tersebut.