Depresi dan pengobatannya

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Dokter saya ingin bertanya.Semenjak saya berumur 18 tahun sepertinya saya mengalami depresi. Saya merasa tidak bersemangat dalam melakukan berbagai hal, mudah menyerah dan putus asa, saya menjadi pendiam padahal dulunya saya anak yang aktif dan periang. Setiap hari rasanya selalu diliputi kesedihan yang tidak tahu apa penyebabnya. Saya ingin menenangkan diri saya dan menjauhkan dari hal yang tidak2, sudah 2 hari ini saya mencari obat penenang di apotek tapi tidak menemukannya. Saya mencari referensi di google karena jika saya konsultan ke dokter saya malu. Dok, adakah rekomendasi obat depresan atau penenang jika saya sedang depresi yang mudah dicari di apotek tanpa resep dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Terimakasih atas pertanyaannya.

Mengapa anda malu untuk konsultasi dengan Dokter? Karena sudah menjadi profesi sehari-hari dan kita bertindak sesuai sumpah kedokteran, sehingga semua yang anda informasikan ke dokter tidak boleh diberikan ke orang lain.

Depresi bila tidak ditangani dengan baik menjadi penyebab bunuh diri. Sedangkan penyalahgunaan obat depresi juga menjadi salah satu penyebab kematian. Sehingga penggunaan obat anti depresi masuk kategori diawasi. Apotik tidak dapat mengeluarkannya tanpa resep dari dokter dengan surat ijin dan registrasi yang masih berlaku. Dan resep yang dikeluarkan tiap bulannya akan diawasi.

Anda bisa melakukan relaksasi tanpa obat-obatan misalnya dengan berlibur, olahraga, meditasi atau yoga. Hal ini juga membantu untuk mengatasi depresi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kesehatan mental dapat memburuk pascadiagnosis penyakit jantung

Ini Cara Menjaga Kesehatan Mental Setelah Didiagnosis Serangan Jantung

Pasca serangan jantung dapat membuat depresi. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga stabilitas mental pascadiagnosis penyakit jantung.