depresi dan dalam pengobatan saat ini mengalami perubahan yang sangat baik

ZA Info Penanya: ZA, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya...saat ini anak saya yg berusia 16 tahun sedang depresi dan sdh dalam pengobatan dokter sekitar 3 minggu .dan sdh mengalami perubahan yg sanagat baik..apa yg hrs saya lakukan setelah dia kembali dari rumah sakit nanti...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam Tn.ZA

Kondisi depresi terjadi jika menurunnya mood atau minat disertai kehilangan keinginan untuk melakukan aktivitas. Biasanya pasien depresi memiliki gejala mengantuk, menurun nafsu makan, lemas, tidak ada energi, hilang konsentrasi dan tidak memiliki harapan untuk sesuatu. 

Saat ini ada banyak terapi yang diberikan untuk pasien depresi seperti pemberian obat anti depresi, terapi mental kognitif dan psikoterapi. 

Dengan menjalani tatalaksana tersebut biasanya pasien mengalami perbaikan. Jika gejala depresi sudah terkontrol dengan baik, biasanya saran yang dilakukan di rumah bagi pasien depresi adalah meningkatkan aktivitas seperti melakukan olahraga, melakukan hobi baru yang menarik, hindari pencetus stres seperti masalah keluarga, pekerjaan, trauma penyerta sebelumnya. 

Selanjutnya pasien juga diharukan melanjutkan konsumsi obat antidepresi dengan pemantau ahli psikiatri atau dokter spesialis kejiwaan, konsumsi obat dapat dilanjutkan dalam 4-12 minggu, jika diperlukan dapat dilanjutkan hingga 12 bulan hingga 3 tahun tergantung kondisi pasien. Psikoterapi dan terapi mental kognitif juga dapat dilanjutkan.

Jika kontrol dan saran terapi dilanjutkan berdasarkan arahan psikiater, biasanya depresi dapat sembuh dengan baik dan menjalani kehidupan normal

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

ZA
16 Aug 2019, 14:45
Terimakasih dokter atas saran yg sdh di berikan buat saya.tp saya msh bingung kondisis
ZA
16 Aug 2019, 15:19
Terimakasih dokter atas saran yg sdh di berikan buat saya.tp saya msh bingung dok anak saya sdh dibawa pulang ke rumah.tp dia blm bisa kontrol emosi dan konsentrasi nya ya.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

1 dari 8 wanita merasa depresi sepanjang hidupnya dan dua kali lebih rentan terkena depresi daripada pria

Ciri-Ciri Depresi pada Wanita, Benarkah Kaum Hawa Lebih Rentan?

National Alliance of Mental Illness telah merilis survey bahwa 1 dari 8 wanita merasakan depresi, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan hingga rasa ingin mengakhiri hidup.