18 Feb 2021, 18:41Penyakit Lainnya

Apakah pendirian menara telekomunikasi berbahaya?

JP
Info Penanya: JP0
selamat malam dok.. dibelakang rumah saya berjarak kurang lebih 10 meter ingin di lakukan pemasangan tower penguat sinyal jaringan celuler setinggi 31 meter yang saya tanyakan disini baik tidak untuk kesehatan karena takut adanya radiasi bahkan ada juga warga yang lain yang rumahnya berjarak kurang dari 5 meter jika tidak baik untuk kesehatan saya dan warga yang lain akan menolak untuk pemasangan tower tersebut karena dilingkungan kami banyak anak2 kecil dan juga padat penduduk. mohon jawabannya
1409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, JPTerima kasih atas pertanyaannya.Tower seluler atau menara telekomunikasi dibangun untuk menunjang dari segi jaringan telekomunikasi yang bangunannya sudah didesain dengan mengikuti aturan yang sudah ditentukkan. 

Beberapa syarat pendirian menara telekomunikasi :

  • Jarak aman disesuikan dengan tinggi menara. Bila tinggi kurang dari 45 meter maka disarankan jarak terdekat setidaknya  20 meter.
  • Pembangunan sudah memperhitungkan level radiasi yang dianjurkan WHO guna memastikan keamanan bagi penduduk sekitar.
  • Mempunyai ijin mendirikan bangunan (IMB) yang syaratnya disesuaikan dengan peraturan daerah masing-masing.
  • Memiliki sarana pendukung yang disesuaikan berdasarkan undang-undang yang mengatur pembangunan dan penggunaan menara telekomunikasi.
Menurut WHO, batas level radiasi yang diperbolehkan sebanyak 4,5 watt atau 9 watt per meter kubik.  Dan beberapa penelitian mengatakan bahwa gelombang dari BTS level radiasinya jauh lebih rendah dari batas yang diperbolehkan sehingga dapat dikatakan tidak membahayakan bagi kesehatan manusia.  Bila pembangunan belum terjadi, anda dapat menyampaikan pendapat dan berdiskusi pada ketua RT atau RW karena pada izin mendirikan menara telekomunikasi umumnya akan melampirkan izin dari RT/RW setempat.  Anda dan masyarakat dapat memberikan persyaratan yang memastikan jarak aman yang harus dipenuhi penyelenggara telekomunikasi agar aman baik dari segi kesehatan ataupun keamanan.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kesehatan lansiakesehatan anakkesehatan wanitatips kesehatanmenjaga kesehatankesehatan pria
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil