16 May 2021, 00:33Saraf

Apakah bicara ngelantur pada orangtua, gejala dementia ?

WM
Info Penanya: WM0
Selamat malam dokter. Saya memiliki nenek usia sekitar 84tahun. Akhir2 ini menurut seluruh keluarga perilakunya berbeda dr biasa. Sering susah diajak bicara. Malam ini tadi malam2 duduk dikursi ditanya jawaban ngelantur. Nenek saya jalan pakai kruk. Sering dr dlu keluhan sakit perut dan sering BAB dgn konsistensi cair. 2minggu lalu kakinya pun brngkak setelah saya cek asam urat 15 tp sekarang sudah membaik. Nafsu makan naik turun.
972 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, W.Dementia atau sering dikenal dengan pikun dapat dialami oleh orangtua lanjut usia. Dementia dimana suatu kondisi penurunan daya pikir dan ingatan seseorang sehingga menganggu aktifitas sehari-hari dan sulit berkomunikasi.

Apa gejala dan penyebab dementia pada orangtua ?

Dementia dibagi menjadi 2 penyebab yaitu dementia vaskular dimana terjadi gangguan pada pembuluh darah otak dan demetian alzheimer dimana terjadi perubahan protein dan genetik pada otak.

Gejala dementia yang dapat dirasakan antara lain :

  • Sulit berbicara dan memahami bahasa.
  • Gelisah dan iritabilitas.
  • Perubahan suasana hati, mudah marah maupun mudah merasa sedih.
  • Berjalan sempoyongan.
  • Hilang ingatan.
  • Gangguan tidur.
  • Halusinasi.
Keluhan yang nenek Anda alami bisa karena dementia. Untuk itu dampingi selalu nenek Anda dan jangan biarkan pergi sendirian atau melakukan hal-hal tanpa diawasi orang lain.Keluhan sakit perut dan sering BAB yang dirasakan bisa karena makanan terkontaminasi bakteri, makanan dihinggapi lalat, infeksi dan gangguan pada pencernaan. Pastikan makanan yang dikonsumsi bersih, kurangi makanan mengandung purin seperti kacang dan jeroan.Konsultasi ke dokter spesialis saraf jika gejala dementia memberat.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Lidya Hapsari. 
alzheimerasam uratdemensia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil