Demam sejak 4 hari disertai Buang air kecil nyeri. Apa penyebabnya?

AA Info Penanya: AA, Pria, 20 Tahun
Permisi dok saya mau nanya, sejak pertanyaan ini di tulis saya sudah 4 hari demam setiap bangun tidur, awalnya saat melakukan ibadah pada bagian ketiak saya terasa nyeri selama 1 harian dan sakit saat di sentuh, dan sejak 4 hari saya kalau kencing keluarnya sedikit sedikit tapi berulang kali dalam jangka waktu 1-2 jam an, merasakan nyeri nya pada sore hari, badan tidak enak pada saat besoknya pas bangun tidur dan badan terasa lemas, saya tidak pernah mengukur berat badan saya, tapi saya kurus sekali dok sejak kecil, umur saya 20 tahun, dan saat berbaring dan posisi kaki di atas sekitar 10 menitan kadang suka terjadi gejala seperti darah yang bergerak cepat, terimakasih,Dan saya juga minum obat pusing panadol 2 kali sehari setelah 1 hari demam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA. 

Terimakasih telah bertanya di SehatQ. 

Demam dapat disebabkan oleh karena adanya infeksi pada tubuh Anda baik oleh karena infeksi bakteri, virus atau organisme lain. Demam bisa juga disebabkan karena kekurangan cairan dan gangguan pada sistem syaraf pusat. Sangat banyak penyebab dari gejala demam sehingga memerlukan analisis dan pemeriksaan yang tepat. 

Pada saat mengalami demam atau infeksi biasanya disertai gejala sistemik seperti badan terasa lemas, pegal pegal, terdapat nyeri pada kelenjar getah bening, dan dada dapat berdebar debar saat mengalami peningkatan suhu. Gejala lain dapat mengikuti bagian tubuh mana yang terinfeksi pada kasus Anda, Anda juga mengalami gejala nyeri buang air kecil dan nyeri saat buang air kecil. 

BAK terus menerus disertai nyeri saat BAK  atau anyang-anyangan merupakan salah satu gejala yang dapat disebabkan oleh karena gangguan di saluran kencing. 

Gangguan di saluran kencing yang dapat menimbulkan keluhan Anda antara lain

1. Peradangan di saluran kencing

Peradangan di saluran kencing dapat disebabkan oleh infeksi organisme di saluran kencing seperti infeksi bakteri, jamur, atau organisme lain. Peradangan dapat terjadi sepanjang saluran kencing, mulai dari ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing. Gejala nya berupa BAK terus terusan, BAK nyeri, BAK terasa tidak puas, nyeri di bagian perut bawah, dan kadang disertai demam dan mual muntah. Infeksi di saluran kencing antara lain cystitis, pyelonefritis, uretritis. 

Infeksi menular seksual juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan di saluran kencing. 

2. Adanya sumbatan di saluran kencing

Sumbatan di saluran kencing dapat berupa batu, bakteri yang menggumpal, atau tumor di saluran kencing seperti penyakit hiperplasia prostat pada pria. Gejalanya dapat berupa BAK tidak lancar, BAK sering dan sedikit sedikit, BAK terasa tidak puas, sering BAK pada malam hari, nyeri perut, BAK berwarna kemerahan, dan nyeri saat BAK. Pada penyakit batu di saluran kencing, batu bisa berada di sepanjang saluran kencing mulai dari ginjal, kandung kemih, dan saluran kencing. Nyeri pada batu saluran kencing biasanya menjalar hingga ke pinggang, atau ke alat kemih. 

3. Gangguan hormonal

Penyakit hormonal seperti diabetes insipidus dapat menyebabkan gejala BAK sering terutama di malam hari, sering minum, sering lemas, pusing, dan berat badan turun. 

4. Gangguan metabolik

Karena banyak kemungkinan penyebab demam  dan demam Anda sudah lebih dari 3 hari, saya sarankan untuk dilakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan wawancara mendalam dan pemeriksaan fisik langsung pada Anda untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda. Dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah lengkap, pemeriksaan urin, dan lain-lain untuk membantu menegakan diagnosis penyakit Anda. Penyebab yang berbeda tentunya memerlukan penanganan yang berbeda. 

Beberapa saran untuk menghindari gangguan pada saluran kencing antara lain:

  1. Jaga kebersihan organ saluran kencing Anda, dengan cara apabila cebok saat BAB,cebok dilakukan dari belakang agar saluran kencing dapat terhindar dari kotoran
  2. Hindari kebiasaan menahan BAK meskipun nyeri. Semakin lama BAK ditahan, infeksi semakin menyebar
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Kurangi minum minuman berkarbornasi, minuman berenergi, kopi, teh, dan minum minuman berwarna
  5. Kurangi makan makanan yang mengandung asam urat tinggi seperti jeroan, buah melinjo, dan sayuran hijaunya. 

Apabila Anda mengalami kondisi seperti

  • Nyeri hebat pada perut bawah yang menjalar ke pinggang disertai demam tinggi dan muntah muntah
  • BAK nyeri disertai darah pekat dalam waktu lama
  • Demam tinggi disertai kaku leher, kejang kejang, bicara mengelantur, dan tidak sadar
  • Demam tinggi disertai keluar darah mimisan, muntah darah, atau bintik bintik merah diseluruh tubuh

Segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat. 

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi cukup air putih merupakan hal sederhana yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal

Gejala-gejala Batu Ginjal pada Pria yang Harus Anda Waspadai

Gejala batu ginjal pada pria dan wanita memiliki perbedaan. Mengonsumsi cukup air putih dan makanan yang dapat meningkatkan pembentukan kalsium oksalat dapat mencegah pembentukan batu ginjal.