Demam sebatas leher dan kepala pada anak 8 tahun

I Info Penanya: I, Wanita, 28 Tahun
Dokter saya mau bertanya...Anak sy umur 8 tahun dari td siang panas tapi hanya sebatas leher sampai kepala.Semwntara masih sy kasih obat paracetamol tapi sampai sekarang blm turun panasnya....Kenapa dan Mohon pengarhanya...Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, I

Demam adalah salah satu gejala peradangan. Peradangan paling sering disebabkan karena infeksi. Bisa infeksi virus atau bakteri. Selain karena infeksi bisa juga karena kekurangan cairan.

Bila sudah diberikan paracetamol tapi belum turun panasnya, bisa dibantu dengan kompres basah di dahi dan ketiak untuk menurunkan demamnya. Mengingat demamnya terutama di leher sampai kepala, ada kemungkinan anak ibu mulai kekurangan cairan. Jaga asupan cairannya, berikan minum lebih banyak bila memungkinkan.

Pada anak yang demam, sebaiknya anda memeriksakan diri dengan Dokter Spesialis Anak untuk penatalaksanaan selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis gangguan mental pada anak beragam, tergantung pada gejala gangguan mental pada anak

Berbagai Jenis Gangguan Mental pada Anak yang Harus Diwaspadai

Gangguan mental pada anak memiliki jenis yang beragam, Gejala gangguan mental pada anak pun berbeda, tergantung dengan jenis gangguan mental yang dialami. Beberapa gangguan mental pada anak yang paling umum, di antaranya: gangguan kecemasan, ADHD, gangguan perilaku disruptif, gangguan afektif, dan lain-lain.