Apa yang dilakukan bila anak tidak napsu makan?

RY Info Penanya: RY, Wanita, 31 Tahun
Malam.awalnya suhu badan ank mncapai 40c .stlh minum obat dari dktr klinik suhu tubuh anak jdi dingin.Dan sering kluar keringat.tidak nafsu makan.tindakan APA Yg harus dilakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RY,

Demam adalah respon tubuh bila terjadi infeksi di dalam tubuh. Infeksi ini bisa disebabkan oelh bakteri, virus, atau parasit.

Bila anak Anda demam dan diberi obat penurun panas, maka reaksi yang timbul adalah lebih banyak berkeringat sebagai usaha tubuh menurunkan demamnya, selain itu Anda perlu memberi anak lebih banyak air putih agar anak semakin sering kencing, karena sering kencing juga salah satu cara agar demam bisa turun.

Perihal tidak napsu makan, tentunya ketika sakit, siapapun akan tidak napsu makan, karena lidah sering terasa pahit, tenggorokan nyeri, badan lemas, pusing jadi enggan untuk makan.

Yang dapat Anda lakukan ketika anak Anda sakit/ demam adalah :
  1. Beri makan makanan lunak dan berkuah seperti nasi tim, sop, bakso agar mudah ditelan. Selain itu makanan hangat akan lebih mudah ditelan karena di tenggorokan akan terasa nyaman.
  2. Beri minum air putih lebih banyak. Anda bisa memberikan teh hangat atau air madu hangat.
  3. Hindari pakaian yang terlalu tebal.
  4. Gunakan selimut tipis saja.
  5. Kompres dahi, ketiak, lipat paha menggunakan air hangat.
  6. Berikan obat penurun panas seperti paracetamol secara rutin selama masih demam atau pusing.

Bila anak Anda tidak membaik atau masih demam dalam waktu 3 hari, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter anak, mungkin butuh cek darah untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri.

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab tubuh merinding sebagai cara tubuh menghangatkan diri, cara tubuh merespon emosi yang begitu kuat, dan gejala penyakit seperti keratosis pilaris hingga tumor otak.