31 Jul 2021, 03:16Infeksi

Demam, flu dan tenggorikan tidak nyaman, kenapa?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 33 Tahun
Saya juga sama, demam tp kalau dites ga demam, pusing hebat,malam mengigil,flu,tenggorokan kering tidak nyaman Anak saya habis kena covid kayaknya sy tertular jg
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, TTerima kasih atas pertanyaan AndaDemam adalah keadaan ketika suhu tubuh seseorang lebih dari 37.5 derajat celcius ketika dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan temometer untuk suhu tubuh. Kondisi demam merupakan suatu upaya pertahanan yang dilakukan oleh tubuh ketika terdapat virus, bakteri atau zat asing lain yang sedang menyerang tubuh. Biasanya, demam akan membaik dalam waktu beberapa hari, namun bila 3 hari demam tidak membaik sebaiknya melakukan pemeriksaan dokter terdekat.Tenggorokan tidak nyaman bisa terjadi berupa terasa kering, nyeri menelan dan lain sebagainya. Keluhan ini bisa disertai dengan keluhan penyerta lain seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, demam, pusing dan lain sebagainya. 

Di bawah ini adalah kondisi yang bisa menyebabkan demam dengan tenggorokan tidak nyaman:

  • Radang tenggorokan
  • Infeksi virus saluran napas seperti influenza, covid 19 dan lain sebagainya
  • Radang amandel
  • Abses peritonsil
  • Kondisi medis yang lain
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, jika ada riwayat keluarga yang tinggal 1 rumah atau ada riwatar kontak dengan seseorang yang terkonfirmasi possitif covid dan saat ini Anda mucnul gejala seperti yang sudah disebutkan alangkah baiknya bila Anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan juga menyarankan untuk melakukan swab test PCR untuk memastikan apakah Anda terinfeksi virus covid 19 ataukah tidak. Kemudian, Anda akan mendapatkan pengobatan sesuai dengan kondisi Anda.Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, lakukan istirahat cukup, hindari kelelahan, konsumsi obat penurun demam serperti parasetamol bila diperlukan, konsumsi multivitamin yang sesuai dengan kondisi Anda, dan tetap terapkan protokol kesehatan yang berlaku.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
radang tenggorokandemamflucoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil