16 Jul 2021, 21:28Infeksi

infeksi saluran pernapasan, bagaimana agar sembuh?

AJ
Info Penanya: AJ0
Halo dok... Saya suda 4 hari demam flu dan batuk gak sembu dada saya sakit kalau baring susa bernafas, rusuk sakit lemas. Kira bagai mana nyebuh kan nya dok?
327 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Demam dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh sehingga imunitas tubuh menunjukkan tanda alarm yaitu dengan meningkatkan suhu tubuh. Tujuannya adalah agar seseorang yang sedang demam dapat lebih banyak istirahat dan imun tubuh dapat fokus membunuh penyebab infeksi.

Mengobati infeksi saluran pernapasan

Jika infeksi terjadi pada saluran pernapasan maka akan muncul refleks batuk dan flu yang juga sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan bakteri atau virus penyebab infeksi. Namun jika Anda memiliki keluhan sesak atau susah bernapas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat dan melakukan pemeriksaan antigen covid.Pengobatan bakteri perlu dilakukan dengan konsumsi antibiotik sedangkan jika disebabkan virus covid maka memerlukan antivirus, keduanya hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Sebaiknya pastikan dahulu penyebab infeksi, terlebih jika sudah 4 hari dan tidak kunjung sembuh. Sementara obat yang dapat Anda konsumsi dirumah adalah obat batuk yang mengandung guafenisin, obat flu yang mengandung chlorpheniramine, dan obat demam yaitu paracetamol sebanyak 3x sehari.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
infeksi saluran pernapasaninfeksigangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil