06 Mar 2021, 19:37Penyakit Lainnya

Apa penyebab demam?

NA
Info Penanya: NA0
Halo dok,anak saya demamnya 37,9 kdang smpai 38,7 Di dahi nya sudaj tidak panas tapi di leher,telapak tangan dan kaki masih panas dok. Kira-kira bagaimana dok? Sudah saya beri paracetamol dan antibiotik..tapi panasnya lambat sekali turunnya.
180 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, NTerima kasih atas pertanyaan AndaDemam adalah kondisi ketika suhu tubuh meningkat melibihi suhu normal/ Suhu normal seseorang jika dilakukan pengukuran dengan termometer berkisar 36.5 - 37.5 derajat celcius. Demam terjadi saat tubuh sedang melawan penyebab infeksi, yang bisa berasal dari bakteri, virus, ataupun zat lain yang menyerang tubuh. Umumnya demam bisa membaik dalam waktu beberapa hari bila tubuh berhasil melawan penyebab infeksi tersebut. Tetapi apabila demam tidak membaik dalam waktu 3 hari, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Beberapa kemungkinan penyebab demam pada anak di antaranya adalah:

  • Infeksi virus, seperti influenza, demam dengue dan lain sebagainya
  • Infeksi bakteri seperti pada demam tifoid, infeksi saluran kemih dan lain sebagainya
  • Adanya perdangan pada organ tubuh
  • Kelelahan
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada anak Anda, salah satunya bsia disebabkan oleh penyebab demam yang sudah disampaikan. Jika sudah mengonsumsi obat penurun demam (parasetamol) dan antibiotik seperti yang sudah Anda sebutkan tetapi belum juga membaik, lakukanlah konsultasi dan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis anak terdekat agar dokter melakukan evalusi terapi pengobatan. Selain dilakukan pemeriksaan fisik, bila perlu dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang yang sesuai untuk membantu mengetahui penyebab dari demam yang terjadi.Pastikan asupan gizi dan nutrisi anak Anda tercukupi dengan baik, pastikan anak Anda minum air / ASI cukup agar tidak dehidrasi, gunakan pakaian yang nyaman, jaga keberishan diri dan lingkungan sekitar anak, berikan obat penurun demam bila diperlukan, dan usahakan anak tetap beristirahat dengan cukup agar lekas memabaik.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
penyakit anakdemamdemam berdarah denguedemam berdarahdemam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil