07 Dec 2020, 08:40Perut

Penyebab dan gejala demam tipus yang sering terjadi

MR
Info Penanya: MR0
Selamat pagi dok. Saya memiliki keluhan sejak dua hari yg lalu, demam tinggi, menggigil dan ngilu tulang yg sangat di sekujur tubuh, kemudian sakit di semua bagian kepala, tp parahnya disebelah kiri, lalu sakit perut, terasa pahit di mulut, dan muntah. Sejak kemarin saya sempat diare bbrapa kali. Mohon sarannya dok. Terimakasih
5342 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat pagi M,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Menggigil adalah suatu mekanisme tubuh untuk mempertahankan panas. Tubuh akan bergoyang seperti sensasi kedinginan. Menggigil ini sendiri dapat diakibatkan oleh cuaca dingin atau merupakan suatu gejala penyakit.

Penyebab menggigil

Penyebab menggigil antara lain :

Penyebab dan gejala demam tipus

Keluhan yang Anda alami dapat mengarah ke infeksi karena demam tipus akibat bakteri Salmonella thypy. Penyakit ini memberikan gejala berupa demam tinggi terutama saat sore menjelang malam hari, disertai gejala gangguan pencernaan akibat bakteri yang menginfeksi usus seperti mual, muntah, dan diare, serta konstipasi. Keluhan juga dapat disertai nyeri perut. Rasa pahit di mulut dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung karena terjadinya muntah. Demam tipus juga dapat memberikan gambaran lidah yang memutih.

Penatalaksanaan demam tipus

Dokter akan mengambil darah pasien dan memeriksakan widal atau tubex untuk mengetahui titer tipus, jika titer tipus meningkat, maka Dokter akan memberikan resep antiibotik sesuai dosis.Anda dapat mengkonsumsi obat penurun panas untuk demam dan mengurangi nyeri kepala yaitu parasetamol 3x1 tab sesudah makan. Anda juga dapat mengkonsumsi obat lambung antasida 3x1 tab sebelum makan. Walau mual muntah Anda tetap harus makan dengan porsi yang kecil, usahakan berupa makanan lembek. Minum setiap 5 menit sekali yang dicampur dengan oralit untuk mencegah dehidrasi.Jika keluhan berlanjut disertai lemas, mata cekung, nyeri perut bertambah, ada perdarahan dari gusi. mimisan, dan bintik merah yang muncul di tubuh, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
mimisanmuntahdehidrasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil