Demam dan keluhan lainnya dengan riwayat DBD, kira-kira penyakit apa ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Pagi dok,Siang biasa aja,Menjelang waktu sore keatas telapak kaki dingin berkeringat, badan agak demam disertai pusing dan merasa mudah capek walaupun tidak beraktivitas lebih.Tulang2 ngilu terutama rahang bawah. Sedangkan bulan lalu saya pernah dbd. Kira2 saya mengidap penyakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AL.

Demam ialah keadaan suhu tubuh yang lebih dari 38°C pada pemeriksaan dengan meggunakan termometer atau alat pengukur suhu tubuh. Keadaan demam umumnya mengindikasikan terdapatnya hal tidak tepat yang sedang terjadi dalam tubuh. Faktor penyebab tersering dari keadaan demam adalah infeksi. 

Adapun beberapa faktor yang dapat menimbulkan keadaan demam, antara lainnya ialah :

  • infeksi virus dan bakteri
  • kelelahan 
  • peradangan sendi
  • konsumsi dan penggunaan obat-obatan tertentu seperti antibiotik
  • imunisasi dengan jenis vaksin tertentu
  • keganasan (tumor ganas)

Keadaan yang Anda alami mungkin tidak berhubungan dengan riwayat demam berdarah anda, karena demam yang terjadi saat ini lebih dominan di sore hari sedangkan umumnya demam berdarah ditandai dengan demam tinggi yang terjadi terus menerus. Sedangkan gejala-gejala yang menyertai umumnya dapat terjadi bersamaan dengan demam sebagai indikasi dari adanya keterlibatan berbagai organ dalam kondisi yang saat ini sedang dialami.

Untuk memastikannya, jika demam sudah melewati waktu 3 hari ada baiknya Anda memeriksakan diri untuk kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium darah. Namun demikian, penurunan daya tahan tubuh karena kurang istirahat, kelelahan dan pola makan yang kurang baik pun dapat memicu keadaan yang Anda alami.

Untuk sementara Anda dapat mengompres dahi, leher dan ketiak dengan air biasa dan bukan air dingin, mengionsumsi obat pereda deman dan mengonsumsi multivitamin yang khususnya memiliki kandungan vitamin C.

Jika keluhan semakin memberat tidak perlu menunda untuk melakukan pemeriksaan dan periksakanlah ke fasilitas kesehatan yang memiliki fasilitas pemeriksaan laboratorium darah.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merinding merupakan reaksi spontan tubuh sebagai bentuk pertahanan diri.

Sebenarnya, Apa Sih Penyebab Merinding?

Penyebab tubuh merinding sebagai cara tubuh menghangatkan diri, cara tubuh merespon emosi yang begitu kuat, dan gejala penyakit seperti keratosis pilaris hingga tumor otak.