15 Jun 2020, 08:35Penyakit Lainnya

Demam selama 10 hari, apa penyebabnya?

MD
Info Penanya: MD, Wanita0
Permisi saya mau tanya, saya demam tapi naik turun selama 10 hari, pusing, lemas, mual, sdh minum paracetamol, obat maag, dan antibiotik tetapi tidak sembuh². Saya bingung, terima kasih atas penjelasannya.
19084 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam MD,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Demam yang terjadi naik turun dan terjadi panjang tidak bisa dianggap sepele. Bisa jadi karena keadaan suatu medis tertentu. Seseorang dikatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 37,5 C atau lebih. Demam bisa terjadi terus menerus dan juga naik turun.

Beberapa penyebab demam lama dan juga naik turun :

  • Typoid
    Penyakit ini menular melalui konsumsi makanan atau minuman yang terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Gejala lain yang dapat muncul nyeri perut, diare atau sulit buang air besar, lemas, dan demam tinggi hingga 39-40° Celcius.
  • Demam berdarah
    Disebabkan oleh nyamum A. aegypti. Gejala awal berupa tubuh menggigil, muncul bintik-bintik kemerahan di kulit, dan wajah memerah, yang bisa berlangsung selama 2-3 hari.
  • Infeksi Saluran Kemih (ISK)
    Penyakit infeksi yang menyerang sistem sekresi seseorang seperti kandung kemuh, uretra, atau ginjal. Gejalanya adalah demam, nyeri saat kencing, dan juga nyeri perut.

Untuk mengatasi demam, Anda dapat menerapkan beberapacara di bawah ini :

  • Perbanyak minum air putih minimal 2-3 liter/hari
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari
  • Kompres dan mandi dengan air hangat
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis dalam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait demam yang Anda alami. Karena sudah berlangsung lama hingga 10 hari, membutuhkan pemeriksaan penunjang lebih lanjut, seperti pemeriksaan cek darah.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
demaminfeksi saluran kemihdemam berdarah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil