Demam pada anak, apakah wajar?

A2 Info Penanya: A2, Wanita, 18 Tahun
Hallo dokter. Saya mau tanya, anak saya umur 1tahun.. Badan nya panas naik turun sudah 1mingguan.. Padahal kaki nya dingin tp punggung perut sama kepala nya yg panas. Padahal juga bisa berkeringat tp kok masih hangat. Kalau anak nya waktu aktif tingkah nya banyak badan nya juga kadang bisa dingin tp kalau waktu tidur itu badan nya mulai panas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Demam pada anak adalah terjadi peningkatan suhu lebih dari 37,5 derajat celcius dimana hal ini terjadi karena beragam hal salah satunya adalah ketika tubuh melakukan perlawanan ketika ada masalah kesehatan pada tubuh atau penyebab demam lain.

Jadi jika anak terasa hangat perlu dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer, tidak bisa hanya melalui dipegang bagian tubuhnya saja. Jika anak hanya hangat di area kepala dan perut saja bisa saja suhu tubuhnya tetap normal dan tidak demam, jadi upayakan memiliki termometer.

Perhatikan juga apa ada gejala lain yang timbul, jika ada menggigil, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan ataupun gejala lain maka perlu diperiksakan pada dokter atau dokter anak.

Untuk sementara dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Berikan anak lebih banyak cairan
  • Lakukan pengukuran suhu berkala
  • jika suhu tubuh demam atau diatas 37,5 derajat celcius maka perlu diberikan penurun demam seperti paracetamol dengan dosis yang disesuaikan. Kompres juga pada bagian dahi, dan lipatan tubuh untuk membantu menurunkan panas jika demam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti halnya orang dewasa, tetanus pada anak juga disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani

Waspadai Penyebab dan Gejala Tetanus pada Anak Berikut Ini

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Beberapa gejala tetanus pada anak, antara lain rahang menjadi kaku, kejang, dan banyak keringat.