Apa penyebab panas dan diare?

R Info Penanya: R, Wanita, 20 Tahun
Hallo dok, sy ingin bertanya. Dari sekitar tgl 17-28 januari sy merasa tidak enak badan, tulang linu, meriang suhu badan panas ketika siang-malam hari, namun di pagi hari suhu tidak sepanas malam hari, sering ngerasa pusing, mual (muntah-muntah), tidak selera makan (berasa pahit di lidah), juga diare (namun merasakan kesakitan di bagian perut ketika mau bab), ketika buang air kecil merasa sakit perih, tgl 29-31 januari suhu badan mulai normal namun diare sehari bisa 7/8 kali.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Demam adalah pertanda tubuh sedang melakukan perlawan seperti apabila ada infeksi di tubuh. Adanya infeksi sendiri bisa beragam mulai disebabkan karena infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit ataupun lainnya. Organ yang terserang juga bisa beragam, mulai dari saluran pencernaan, infeksi pernapasan, infeksi saluran kemih dan lainnya. Selain itu demam juga bisa disebabkan oleh misalnya kekurangan cairan, infeksi yang ditularkan oleh nyamuk seperti demam berdarah dengue, malaria dan beragam penyebab demam lainnya.

Apabila keluhan yang dialami lebih pada saluran pencernaan, hal ini bisa saja karena infeksi pada saluran cerna. Bisa dipicu dari makanan yang terkontaminasi bakteri, peradangan usus, iritasi usus, penyakit demam tifoid atau tifus dan lainnya.

Jika diare berlangsung lebih dari 3 kali dalam 24 jam maka merupakan suatu masalah pencernaan yang perlu ditangani. Perlu mengonsumsi lebih banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi dan bisa mengonsumsi makanan rendah serat ataupun obat diare seperti attapulgite. Jika ada demam lebih dari 37,5 derajat celcius perlu konsumsi obat penurun panas seperti paracetamol

Karena kejadianya sudah lebih dari 1 minggu, apabila kembali timbul gejala baiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, pemeriksaan sampel feses, USG, ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Jika diare masih berlangsun sampai saat ini segera periksakan karena bisa ada diare kronis yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teh jahe dapat digaunakan sebagai obat diare alami

8 Cara Menyembuhkan Diare dengan Bahan Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Mengetahui cara menyembuhkan diare sangatlah penting. Meski bukan kondisi yang serius dan dapat hilang dengan sendirinya, diare dapat berakibat fatal apabila tidak ditangani dengan baik.