Demam pusing muntah terutama jika haid

RL Info Penanya: RL
Dok saya mau tanya, kmri kan saya kedokter, trs saya cuma ditensi dan langsung dikasih obat pct 3x1 dan vit.b c 2x1,, tpi ya dok kalau saya makan pct sama vit.b badan saya suka langsung demam tinggi,, tpi kalau pct saja tidak langsung demem,, dan sekarang saya jdi muntah2,, saya kalau lg haid penyakitnya suka demam +sakit kepala, tpi sekarang jdi ada muntah, sudah 2bln slm.haid saya suka demam dan pusing,, dlu 1thn kebelakang sya ke dokter saraf disuruh dilab hasilnya kekurangan oksigen dikepala
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Demam adalah kondisi peningkatan suhu tubuh yang ditandai dengan suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius. Jadi apabila merasa demam tinggi ada baiknya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan termometer. Apabila demam atau suhu ditas 37,5 derajat celcius bisa konsumsi parasetamol dan minum air putih lebih sering.

Penyebab sering sakit kepala

Apabila sering mengalami sakit kepala disertai mual dan muntah atau keluhan sering kali dirasakan saat haid, kondisi ini bisa mengarah pada beberapa hal seperti:

  • Gaya hidup atau kebiasaan yang kurang baik, misalnya kurang asupan cairan, pola makan yang tidak teratur, kurang istirahat atau kurang tidur 
  • Tekanan darah rendah atau hipotensi
  • Kurang sel darah merah atau disebut anemia
  • Masalah pencernaan seperti sakit maag atau penyakit asam lambung
  • Masalah pembuluh darah dan lainnya

Apabila sudah dilakukan pemeriksaan dan dikatakan kekurangan oksigen, hal ini bisa karena anemia atau kekurangn sel darah merah, sehingga oksigen tidak terbawa dengan baik terutama pada kepala. 

Untuk itu perlu menjaga asupan makanan dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin B12, zat besi dan juga asam folat. Selain itu perlu banyak minum air putih, dan perbaiki gaya hidup. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen penambah darah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.