Demam pada anak saat malam hari

NA Info Penanya: NA, Wanita
Dok, adik saya 24 hari panas dingin sudah ke spesialis anak , rontgen dan tes darah hingga laboratorium tapi semua menyatakan baik. Tapi dia dari pagi hingga sore aktivitas biasa hanya kalau menjelang malam mulai menggigil dan suhu badannya mencapai 39 . Penyakit apa ya dok. Dan bagaimana penyembuhannya . Terimakasih dok mohon segera dijawab.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NA.

Demam adalah sebuah tanda perlawanan akan sesuatu yang terjadi dalam tubuh, namun bukanlah pertanda khusus dari 1 jenis penyakit saja. Jika pada siang hari adik Anda dapat beraktivitas secara normal, mungkin karena terlalu lelah bermain. Perlu diperhatikan lagi adakah gejala lain yang menyertainya baik siang maupun malam hari? Misalnya batuk, diare, kulit gatal kemerahan, mimisan, gangguan pernapasan atau gangguan pencernaan?

Cara mengatasi demam di rumah: 

1. Konsumsi parasetamol untuk menurunkan demam

2. Banyak minum air

3. Kompres dengan air hangat, bukan dingin ya

Jika demam masih berlangsung, perlu dicari penyebabnya. Anda bisa mencari pendapat dokter anak lain, karena bisa jadi demam menunjukkan hal yang serius seperti infeksi saluran kemih, TBC atau penyakit autoimun. 

Perhatikan tanda-tanda di bawah ini dan segera bawa ke UGD jika terjadi:

- tampak sangat tidak nyaman dan gelisah

- kontak mata berkurang

- kejang

- muntah berulang-ulang

- diare sering dan banyak

Semoga informasi di atas dapat membantu. 

Lekas sembuh ya.

 

dr. Anandika Pawitri

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penangan anak kejang harus dilakukan dengan baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

10 Langkah Penanganan Anak Kejang Tanpa Harus Panik

Penanganan anak kejang yang tepat harus dilakukan oleh orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meletakan anak di lantai dan membaringkan anak degan posisi miring dapat membantu penanganan pada anak kejang.