Apa penyebab demam anak saya?

AS Info Penanya: AS, Pria, 30 Tahun
Slamat siang dok sya mau tanya sudah 3 mggu anak sya demam sudah berobat 2 kali tpi blm sembuh jga kira2 itu gejala pa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Suhu tubuh normal adalah 36.5 - 37.2 derajat celcius. Demam adalah kondisi dimana tubuh kita sedang melawan suatu penyakit. Adapun beberapa penyakit yang dapat menyebabkan demam adalah adanya infeksi virus, infeksi bakteri, ISPA, infeksi saluran kemih, amandel (tonsilitis), ataupun adanya masalah lain dalam tubuh. 

Demam pada umumnya akan menghilang dalam waktu kurang dari 24 jam dengan sendirinya karena merupakan suatu reaksi perlawanan dari daya tahan tubuh kita terhadap sumber penyakit. Namun demam yang berangsur berhari-hari bahkan berminggu-minggu dapat disebabkan oleh kondisi medis lain yang tidak bisa kita anggap sepele dan dirasa butuh penanganan.

Terkait dengan keluhan pada anak Anda, bila demam sudah dirasakan selama 3 mingggu dikhawatirkan terjadi infeksi. Bila sudah diperiksakan ke dokter namun keluhan dirasa belum membaik, sebaiknya periksakan kembali ke dokter spesialis Anak agar dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang bila diperlukan. Sehingga mendapatkan evaluasi terapi yang sesuai dengan kondisi Anak Anda.

Tindakan yang bisa Anda lakukan Adalah:

  • Berikan kompres hangat pada dahi Anak
  • Pastikan Anak tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Cukupi kebutuhan cairan anak agar tidak dehidrasi
  • Gunakan pakaian yang berbahan menyerap keringat pada Anak
  • Pastikan suhu ruangan nyaman dan sirkulasi udara baik
  • Jaga kerbersihan anak, dan lingkungan sekitar

Semoga bermanfaat.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi dengan hernia umbilikalis memiliki tonjolan pada pusar

Tidak Sulit! Inilah Cara Merawat Bayi dengan Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis adalah kondisi di mana usus pada bayi prematur terdorong keluar dan menimbulkan tonjolan di sekitar pusar. Kasus hernia umbilikalis pada bayi akan sembuh dengan sendirinya sehingga tindakan operasi tidak disarankan. Namun, operasi hernia umbilikalis hanya diperlukan apabila tonjolan yang masih ada hingga bayi berusia sekitar 4 tahun.