Demam pada anak, bolehkah memberikan amoxan dan farsifen secara bersamaan?

L Info Penanya: L, Wanita
halo dok, anak saya baru khitanan kemarin, namun setelah itu dia demam, dok. Sebenarnya, dokter sudah memberikan amoxan 500 mg , tapi karena tiba-tiba demam, boleh tidak saya berikan lagi farsifen ibuprofen? Terima kasih sebelumnya, dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Demam merupakan tanda adanya peradangan atau infeksi di dalam tubuh. Pada anak Anda yang baru saja dikhitan, pemberian antibiotik amoxan dengan kandungan Amoxicillin merupakan cara pencegahan yang dilakukan oleh dokter untuk mencegah terjadinya infeksi. Namun bila setelah meminum antibiotik, tubuh anak Anda masih tetap demam, Anda dapat memberikan obat penurun panas seperti paracetamol, ibuprofen dengan merk farsifen seperti yang Anda sebutkan, serta cara-cara lainnya seperti :

  • Kompres menggunakan air hangat pada dahi, ketiak.
  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Hindari pakaian atau selimut yang sangat tebal.
  • Beri makan makanan berkuah seperti sop, bakso.

Selain itu Anda juga perlu memastikan kebersihan area kelamin anak Anda, agar infeksi tidak bertambah parah dan meminum obat penurun panas secara teratur setiap 6-8 jam selama masih demam dan tentunya antibiotik.

Bila alat kelamin anak Anda menjadi bengkak, kemerahan atau demam tidak turun, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter Anda yang sebelumnya.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab benjolan di ketiak yang harus Anda waspadai

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Padahal, banyak masalah kesehatan yang bisa muncul dari sana, salah satunya adalah benjolan. Ada beberapa penyebab benjolan di ketiak yang harus Anda waspadai.