Demam, nyeri tenggorokan dan dahak ada darahnya. Nafsu makan kurang dan terasa pahit?

W Info Penanya: W
Dok mau tanya, badan saya demam dan tenggorokan saya sakit kemudian dahaknya ada darahnya terus tapi saya tidak flu dan batuk. Utk makan susah lidah juga rasanya apabila utk makan rasanya pahit. Itu knpa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, W

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala yang paling utama adalah darah yang keluar, bisa dahak dari saluran pernapasan atau muntah dari saluran pencernaan. Berapa lama keluhan yang Anda rasakan, pada kasus yang terjadi secara akut atau tiba-tiba bisa karena ada luka di tenggorokan atau kerongkongan. Kalau keluhan yang dirasakan sudah lama, bisa berasal dari paru-paru akibat infeksi atau radang dan dari pencernaan seperti luka di lambung atau usus.

Demam sebagai tanda infeksi dan Anda juga mengalami gejala gangguan pencernaan. Kemungkinan masalah Anda berasal dari saluran pencernaan. Apakah ada riwayat sakit maag berulang? Kemudian bisa juga ada gangguan di hati / liver atau di usus Anda. Sebaiknya Anda diperiksa langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, terutama dengan keahlian di bidang pencernaan. Bila ada darah harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan tidak ada gangguan serius pada diri Anda.

Saya lampirkan artikel mengenai muntah darah akibat maag untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk kering terus-menerus harus cepat ditangani karena bisa menjadi tanda bahwa ada penyakit serius

Hati-hati! Batuk Kering Terus-Menerus Tanda Penyakit Serius

Batuk kering terus menerus tidak boleh diremehkan karena bisa jadi ada masalah kesehatan yang serius, seperti kanker paru-paru, GERD, hingga infeksi saluran pernapasan atas.