Demam, nyeri badan dan sulit tidur. Gejala apakah itu?

KA Info Penanya: KA, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya istri saya umur 31 tahun ,kemaren sakit demam dan saya bawa ke klinik ush dikasih obat juga,ini panasnya udah turun,tapi dia ngeluh susah tidur dan badannya pada sakit,kira² sakit apa sebenarnya istri saya dok?trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KA

 

Demam merupakan suatu gejala kondisi klinis, yang paling sering adalah infeksi. Demam biasanya disertai perasaan tubuh yang tidak nyaman. Demam juga cara alami dari tubuh melawan infeksi, ada juga penyebab demam bukan karena infeksi. Pada demam ekstrim bisa akibat obat-obat tertentu atau stroke karena tubuh tidak bisa mengatur suhu tubuh.

Demam dikontrol oleh bagian otak yang disebut hipotalamus. Fungsinya untuk menjaga suhu inti tubuh tidak dingin atau panas. Pada kondisi infeksi atau kondisi lainnya dia akan menjaga suhu lebih tinggi dari normal (demam). Infeksi seperti flu, diare, radang tenggorokan, radang telinga atau infeksi di kulit. Sedangkan kondisi lainnya seperti kanker, efek samping obat, gangguan hormon, narkotika atau penyakit autoimun seperti lupus juga mengakibatkan demam.

Infeksi bisa disebabkan karena bakteri dan virus. Gejala yang timbul juga serupa misalnya, demam, radang, batuk, bersin, diarrhea, lemas dan pegal-pegal. Semuanya adalah tanda dari sistem kekebalan tubuh yang berusaha mengeluarkan kuman penyebab infeksi dari tubuh. Namun bakteri dan virus berbeda dari struktur organismenya dan juga responnya terhadap obat yang diberikan.

Terapi dari demam tergantung dari penyebabnya, misalnya antibiotik digunakan untuk infeksi bakteri di tenggorokan. Obat demam yang dijual bebas bisa digunakan untuk pertolongan pertama pada demam.

Sebaiknya anda periksa langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama ahli infeksi. Semoga saran saya membantu.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi orang lanjut usia, pemeriksaan tes mata penting untuk melihat kemunculan katarak pada mata.

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Luka pada kornea mata berbeda dengan katarak. Luka pada korena ditandai dengan munculnya bintik putih saat ulkus kornea. Sedangkan katarak,warna putih muncul pada lensa mata.