01 Dec 2020, 15:14Pernapasan

Apakah infeksi saluran nafas menyebabkan demam?

NR
Info Penanya: NR0
Demam saya naik turun udah 1 minggu sm sakit kepala yg ga sembuh2 padahal udah minum obat, ditambah 2 hari belakangan ini tenggorokan saya gatal dan sakit
264 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo NR,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kondisi cuaca yang berubah-ubah, ditambah imun yang sedang tidak optimal, dapat membuat virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Saat virus dan bakteri ini masuk, maka tubuh mencoba melawannya dengan mengeluarkan "bala tentara" bernama sel darah putih. Saat terjadi "perperangan" antara sel darah putih dengan virus dan bakteri, maka suhu tubuh dapat meningkat.

Penyebab demam

Tubuh dikatakan demam jika suhu lebih dari 37,5 derajat celcius. Suhu tubuh normal berkisar 36,5-37,5 derajat celcius. Penyebab demam antara lain :
  • Infeksi saluran nafas
Infeksi saluran nafas terbagi 2 yaitu atas dan bawah. Penyebab infeksi saluran nafas atas yang tersering adalah virus influenza. Gejala yang dapat dialami berupa demam ringan, nyeri kepala, hidung berair dan mampet, batuk. Sedangkan infeksi saluran nafas bawah dapat disebabkan oleh asma bronkiale, TBC paru, virus corona, PPOK, dan brokitis. Ini memiliki gejala yang berbeda-beda.Infeksi saluran kemih terjadi jika ada penumpukan bakteri yang dapat disebbakan oleh kebiasaan menahan kencing, keputihan, kebersihan organ intim yang kurang baik.
  • Dehidrasi
Kekurangan cairan atau disebut dengan dehidrasi dapat disebabkan oleh diare atau muntah yang terus menerus.Demam thypoid dapat memberikan gejala demam terutama saat sore menjelang malam yang berlangsung lebih dari 5 hari, diikuti mula muntah, diare atau konstipasi. Penderita juga dapat menjadi lemas serta nyeri kepala.

Penatalaksanaan gejala

Penatalaksanaan gejala yang Anda alami yaitu dengan mencari tahu penyebab yang ada dan mengatasinya. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan bergizi, air putih yang cukup, istirahat, selalu gunakan masker di rumah ataupun di luar rumah, serta tambahan vitamin seperti vit C sesuai dosis diminum 1 jam setelah makan. Untuk menurunkan demam dan mengurangi nyeri Anda dapat mengkonsumsi parasetamol sesuai dosis 1 jam setelah makan.Jika demam yang Anda alami diikuti tanda perdarahan gusi, mimisan, bintik merah di tubuh, nyeri kepala hebat, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
pilekdbdsesak napas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil