Apa penyebab demam naik turun dan sakit kepala saat haid?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 15 Tahun
Dokter saya mau tanya, bulan ini saat saya haid saya mengalami panas naik turun ketika malam badan saya panas sekali. Juga disertai sakit kepala mual tapi tidak muntah. Dan juga tenggorokan rasa nya tidak nyaman. Kenapa yah dok? Padahal haid haid sebelum nya saya tidak pernah merasakan ini. Mohon dijawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Saat wanita memasuki siklus haid, ada fase yang bernama premenstrual syndrome atau dikenal dengan istilah PMS. PMS pada umumnya timbul setelah masa ovulasi dan sebelum dimulainya menstruasi. 

Gejala PMS dapat berupa gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang ditimbulkan yaitu perut terasa kembung, payudara terasa lebih lembut dan membesar, sakit kepala, nyeri di persendian, kenaikan berat badan, dll. Sedangkan gejala psikis berupa lebih mudah marah, mudah cemas, terlihat bingung, dan lebih suka menyendiri. Gejala ini umumnya akan hilang dalam waktu 4 hari setelah mentruasi berlangsung. 

Terkait dengan kondisi Anda ini, kemungkinan kondisi tersebut bisa bagian dari gejala PMS (premenstrual syndrome) atau bisa juga karena infeksi bakteri atau virus yang sedang menyerang tubuh Anda dan bertepatan dengan haid. Infeksi bakteri atau virus disini bisa bermacam-macam. Bisa bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan, common cold, atau bisa juga karena faktor kecapekan dan kurang istirahat. 

Cara mengatasi demam, sakit kepala, dan nyeri tenggorokan

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

  • Mengkonsumsi obat paracetamol. 
  • Mengkonsumsi vitamin C atau B kompleks.
  • Istirahat yang cukup.
  • Makan makanan yang bergizi terutama sayur dan buah.
  • Minum air putih yang banyak.
  • Mengkonsusmi air jahe, lemon, dan madu.

Jika tidak ada perubahan, maka saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.