Kenapa demam naik turun dan keluar bercak merah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 31 Tahun
Malam dok saya mau tanya kalau anak usia 8thun panas sudah 5 hari naik turun dan hari ini keluar bercak2 merah apa itu tampek atau demam berdarah atau alergi ya dok... Kebetulan punya alergi juga tapi ga tau alergi sama apa.... Sama makanan ga pa2 sama obat pun ga da masalah.... Zahra,Bogor
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Demam merupakan tanda tubuh sedang mengalami adanya perlawanan terhadap infeksi ataupun ancaman lain pada kesehatan tubuh. Jika demam lebih dari 5 hari maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya pada dokter.

Demam disertai ruam sendiri bisa disebabkan beragam hal seperti demam berdarah dengue bisa diikuti dengan mimisan dan bintik-bintik merah, demam bisa seperti pelana kuda dimana ada periode demam turun dalam 2 hari dan kemudian naik kembali. Penyebab lain diantaranya adalah campak dimana bisa timbul ruam mulai dari wajah kemudian menyebar ke badan dan tangan atau kaki, penyebab lain bisa ruam pada demam akibat panas tinggi, reaksi alergi, demam chikungunya yang disertai nyeri sendi dan lainnya.

Untuk itu segera periksakan pada dokter atau dokter anak agar dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan tambahan seperti lab darah, tes urine, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Utamakan menjaga asupan cairan tubuh anak agar terhindar dari dehidrasi dan berikan nutrisi yang cukup dengan tetap memberikan makanan padat. Ukur suhu anak secara berkala dan berikan penurun panas seperti paracetamol jika suhu lebih dari 37,5 derajat dan bisa kompres anak dengan air biasa atau air hangat.

Jika anak panas lebih dari 39 derajat, sesak, timbul tanda dehidrasi, ataupun kejang segera bawa ke rumah sakit terdekat. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala awal tifus dapat berupa demam, sakit kepala, hingga nyeri otot

Gejala Tifus dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Anda Ketahui!

Gejala tifus dapat disebabkan oleh infeksi dengan satu lebih bakteri riketsia. Umumnya, masa inkubasi bakteri penyebab tifus sekitar 10 hingga 14 hari. Gejalanya bisa berupa demam, nyeri otot, sakit kepala, merasa tidak enak badan, hingga kelelahan. Kenali lebih jauh beragam gejala tifus di artikel ini.