Demam naik turun, berbahayakah?

FL Info Penanya: FL, Pria, 34 Tahun
Hi dok, sudah beberapa hari ini anak saya mengalami demam naik turun yang tidak stabil. Saya cukup panik dok, apalagi saat ini musim corona dimana-mana. Apakah ini berbahaya dok? Mohon informasinya yaa dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, FL.

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh meningkat, yaitu di atas 38 derajat celcius. Penyebab demam sangat bervariasi, mulai dari yang tidak berisiko sampai yang sangat serius. Biasanya, demam juga memicu gejala lain, seperti sakit kepala, menggigil, atau berkeringat dingin.

Pada kasus Anda, demam yang naik turun dapat disebabkan karena pemberian obat penurun suhu, atau memang pola demam yang seperti itu. 

Penyebab Demam

Berikut adalah variasi penyakit yang paling sering menyebabkan demam pada anak:

1. Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)

Disebabkan oleh virus ataupun bakteri, biasanya ISPA memberikan gejala penyerta demam seperti batuk, pilek, sulit menelan, ataupun tidak nafsu makan.

2. Infeksi telinga

Pada anak, infeksi telinga atau otitis biasanya ditandai dengan nyeri dan gatal pada telinga, pendengaran berkurang, atau memiliki riwayat batuk dan pilek sebelumnya.

3. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Ditandai dengan demam yang terus menerus dan hanya turun setelah minum obat penurun suhu, DBD bisa disertai dengan mimisan, gusi berdarah, ataupun mual dan muntah.

4. Demam Tifoid

Pada tifoid, suhu tubuh biasanya meningkat di malam hari. Anak sering berkeringat dingin dalam tidurnya. Selain itu, tifoid disertai dengan gejala pencernaan, seperti konstipasi, diare, ataupun muntah-muntah.

5. Pasca imunisasi

Demam pasca imunisasi dapat hilang dengan sendirinya. Demam jenis ini disebabkan karena respon imun anak yang terbentuk setelah pemberian vaksin.

Anda dapat melakukan beberapa hal di rumah untuk mengurangi demam, seperti:

  • Mengompres kening dan ketiak anak dengan air hangat, pada saat anak istirahat
  • Gunakan pakaian yang tipis, agar suhu dapat menguap melalui kulitnya. Bila anak menggigil, berikan selimut yang tipis
  • Beristirahat yang cukup, hindari dulu aktivitas di luar rumah
  • Makan yang bergizi
  • Minum air putih yang cukup
  • Meminum obat penurun demam yang dijual bebas, seperti paracetamol

Jika demam tidak turun setelah tiga hari, suhu meningkat lebih dari 39 derajat celcius, atau anak memiliki riwayat kejang, sebaiknya Anda segera memeriksakan anak ke dokter spesialis anak, agar dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diberikan penanganan yang tepat.

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara mengatasi mimisan pada anak adalah menjepit hidungnya selama 10 menit dengan tisu

Tenang! Ikuti Langkah Ini Sebagai Cara Mengatasi Anak Mimisan

Salah satu penyebab mimisan pada anak adalah udara yang kering. Namun jangan khawatir, menjepit hidung menggunakan tisu selama 10 menit dapat dijadikan cara untuk mengatasi mimisan pada anak.