Demam ketika sore sampai pagi, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 27 Tahun
ketika menjelang sore suhu badan naik diatas 37. 5°C bahkan bisa sampe diatas 38°C. Bagian telapak Kaki terasa dingin. Walau ketika malam minum parasetamol atau tidak minum, keesokan paginya sekitar jam 6 suhu badan normal Dibawah 37°C, tidak terasa demam ketika pagi sampe sore. Kondisi Ini sudah 2 minggu.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RS.

Demam adalah keadaan suhu tubuh yang terukur oleh alat termometer melebihi 38°C. Umumnya keadaan demam menandakan adanya sesuatu yang tidak tepat sedang terjadi di dalam tubuh. Infeksi adalah salah satu faktor yang paling sering memicu timbulnya demam.

Berbagai faktor yang dapat menimbulkan demam, diantaranya adalah :

  • infeksi virus atau bakteri
  • kelelahan 
  • peradangan sendi (artritis)
  • penggunaan obat-obatan tertentu misalnya antibiotik
  • imunisasi jenis tertentu
  • keganasan (kanker)

Mengenai keadaan demam Anda yang hanya terjadi pada sore hari hingga keesokan paginya dapat disebabkan oleh keadaan infeksi seperti demam tifoid, tuberkulosis, dan lain-lainnya. Namun demikian, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut yang dapat berupa pemeriksaan darah, maupun jenis pemeriksaan penunjang lainnya.

Umumnya kondisi daya tahan tubuh yang sedang menurun pun dapat memicu keadaan demam menjadi lebih parah. Untuk itu ada baiknya selain mengonsumsi obat pereda demam, Anda dapat pula mengonsumsi suplemen vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Istirahatlah dengan cukup (7-8 jam/hari), perbanyak mengonsumsi sayuran hijau dan protein, serta penuhilah kebutuhan cairan Anda (3 L/hari untuk pria).

Karena sudah berlangsung selama 2 minggu, periksakanlah diri Anda kepada dokter Spesialis Penyakit Dalam secara langsung, agar dapat ditangani dengan tepat.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
23 Jul 2020, 18:31
Terima kasih atas informasinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
24 Jul 2020, 07:50
Selamat pagi, SU.
Terima kasih kembali, apabila terdapat pertanyaan lain seputar kesehatan. Anda bisa mengajukan pertanuyaan di forum SehatQ.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.