07 Feb 2021, 10:28Penyakit Lainnya

Perut kembung, sendawa, mual, dan ulu hati panas

SK
Info Penanya: SK0
Akhir akhir ini saya sering merasa mulut saya rasanya seperti darah, lalu perut kembung dan jadi bisa sendawa yg dibuat-buat lebih dari 2×. Lalu saya merasa eneg, kadang merasa ulu hati saya panas. Hari ini saya panas dingin hingga gemetaran disertai sakit pinggang dan kram perut. Penyakit apa ya dok?
2524 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SK.Gejala-gejala yang Anda alami mengarah kepada GERD (gastro esophageal reflux disease). Penyakit ini disebabkan oleh kelemahan katup esofagus, sehingga asam lambung refluks (naik kembali) ke kerongkongan dan mulut. Beberapa gejala GERD yang umum dialami adalah:
  • mulut terasa asam
  • sering bersendawa
  • dada terasa panas dan nyeri
  • kembung
  • nyeri pada ulu hati
  • mual serta muntah
Sebagai penanganan awal, dianjurkan agar Anda mengubah pola makan terlebih dahulu. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti tepung terigu, pasta, atau minuman manis. Hindari juga makanan pedas, diolah dengan deep fried, minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol. Lalu, pastikan waktu makan Anda teratur ya. Setelah makan, usahakan berjalan-jalan kecil dan tidak langsung berbaring. Apabila keluhan tidak membaik, konsultasikan kepada dokter penyakit dalam.Mengenai keluhan lain Anda yang timbul pada hari ini, yaitu panas dingin, sakit pinggang, dan kram perut, kemungkinan hal tersebut bukan disebabkan oleh GERD; tetapi karena penyebab lainnya. Beberapa penyakit yang mungkin menyebabkannya misalnya infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau penyakit radang panggul. Anda juga dapat sekaligus menyampaikan keluhan ini kepada dokter pada saat berkonsultasi ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
asam lambungmualgerd
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil