Demam disertai sakit kepala dan mual

PP Info Penanya: PP
Dokter, saya ingin bertanya. Suhu badan naik turun, sakit kepala, mual, jika berjalan sempoyongan. Gejala apakah itu dok. Dan penyakit ini sudah sekitar 4 hari lebih.terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PP.

Gejala yang Anda alami bisa berasal dari beberapa kondisi. Kondisi yang tidak terlalu serius adalah Anda mungkin kelelahan atau sistem pertahanan tubuh yang sedang turun, sehingga badan terasa tidak fit. Dalam beberapa hari seharusnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun ada beberapa jenis penyakit yang perlu diperhatikan:

1. Demam tifoid

Penyakit ini yang sering disebut 'tipes' dan disebabkan oleh bakteri yang menyerang sistem pencernaan. Gejalanya cukup mirip dengan yang Anda alami yaitu nafsu makan turun, terasa mual, sakit kepala atau sendi, terasa lemas, dan demam yang khas biasanya makin tinggi saat malam hari.

Obat dari penyakit ini adalah antibiotik yang harus diresepkan oleh dokter. Sehingga Anda perlu datang ke dokter untuk memastikan diagnosis.

2. Demam berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Gejalanya berupa sakit kepala, nyeri di belakang mata, nyeri sendi, rasa lelah, mual atau muntah, demam yang tiba-tiba tinggi dan kadang-kadang ada tanda perdarahan seperti bintik-bintik merah di kulit atau mimisan.

Penyakit ini sebenarnya akan sembuh sendiri karena penyebabnya adalah virus. Namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah trombosit dalam tubuh serta tekanan darah yang bisa saja drop. Anda perlu ke dokter untuk cek lab dan memastikan diagnosis.

3. Infeksi virus atau bakteri lainnya

Banyak keadaan lain yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dan menyebabkan gejala seperti yang Anda alami. Common cold atau tidak enak badan, flu juga dapat memiliki gejala serupa.

Hal yang dapat Anda lakukan di rumah:

- Beristirahat dengan cukup, singkirkan sementara pekerjaan

- Perhatikan pola makan Anda, sudah cukup buah dan sayur?

- Minum air putih 8 gelas sehari

- Konsumsi parasetamol untuk mengatasi demam dan rasa nyeri

Segera pergi ke UGD jika Anda mengalami gejala ini:

- Demam mendadak tinggi

- Muntah dan diare hebat

- Ada perdarahan aktif, misalnya mimisan yang banyak, bintik-bintik merah semakin banyak

- Penurunan kesadaran

Semoga informasi yang saya berikan dapat membantu.

Lekas sembuh ya.

 

dr. Anandika Pawitri

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

DBD ternyata lebih rentan terjadi pada lansia

Demam Berdarah Dengue, Penyakit yang Harus Diwaspadai oleh Lansia

Penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. DBD ternyata lebih rentan terjadi pada lansia. Hal ini disebabkan efek penuaan memberikan dampak negatif pada sistem kekebalan tubuh lansia. Selain itu, diabetes juga mempermudah lansia terkena DBD.