Demam diikuti ruam merah, apakah kemungkinan penyebabnya?

BS Info Penanya: BS
Selamat pagi, dok. Maaf mau bertanya hari minggu kemarin badan saya panas, lalu pada hari senin pagi panasnya hilang namun muncul bercak-bercak merah atau ruam di kaki saya. Lalu hari ini ruam muncul pada pergelangan tangan dan telapak tangan serta pada wajah. Kira kira penyebab ruam ini apa ya dok? Dan termasuk penyakit apakah yang saya alami ini? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, B

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Demam merupakan kondisi ketika suhu tubuh mengalami peningkatan. Kondisi ini disebabkan karena tubuh sedang melawan suatu infeksi atau penyakit yang menyerang. Umumnya demam akan membaik dengan sendirinya, namun bila demam dirasa tidak membaik dalam waktu 3 hari, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. 

Munculnya ruam pada kulit bisa disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan kulit ataupun pada kondisi medis lainnya. Keluhan yang Anda rasakan setelah demam turun, muncul ruam kemerahan pada tangan dan anggota tubuh yang lain bisa disebabkan oleh campak. Virus campak ini memang lebih sering menyerang pada anak-anak, namun pada beberapa orang juga menyerang usia dewasa. 

Selain campak, demam yang diikuti dengan munculnya ruam merah pada tubuh juga bisa karena rubella ataupun karena demam berdarah dengue (DBD). Oleh sebab itu, sebaiknya segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat agar dokter melakukan pemeriksaan fisik dan beberpa pemeriksaan penunjang bilamana diperlukan sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari kelelahan
  • Konsumsi obat penurun demam bila suhu diatas 38 derajat celcius

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ini dia nama obat demam yang bisa Anda beli secara bebas di apotek

Pilihan Obat Demam yang Bisa Dibeli Tanpa Resep

Ada beberapa jenis obat demam atau obat penurun panas yang bisa Anda beli secara bebas di apotek, seperti paracetamol, ibuprofen, naproxen, dan aspirin. Namun, tidak semua orang yang demam perlu mengonsumsi obat. Sebenarnya, syarat dan ketentuan yang perlu diikuti jika Anda mengalami kenaikan suhu tubuh.