10 Oct 2020, 09:54Infeksi

Demam turun naik dan sakit perut, kenapa?

AM
Info Penanya: AM0
Assalamualaikum...dok perkenalkan nama saya ruminah saya mau bertanya dok anak saya kan sakit demam dan sakit perut udah berobat 2 kali tp ga sembuh2 panasnya naik turun naik turun itu sebenarnya sakit apa ya dok ? Terimakasih
859 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, AMTerima kasih atas pertanyaannya.Anak dikatakan demam ketika suhu lebih dari 37,5 derajat celcius. Demam naik dan turun berarti terjadi infeksi pada anak.  Sakit perut tersebut juga bisa menjadi tanda adanya infeksi pada anak sehingga menimbulkan demam.

Beberapa penyebab demam yang naik turun :

  • Demam dengue, yaitu demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.  Pola demam akan tinggi lalu turun di hari ke 4 dan seterusnya.  Demam ini harus dilakukan pengawasan terutama pada hari ke 4-6 karena fase ini dimana trombosit dapat turun.  Biasanya disertai badan pegal, pusing, lemas.  Dikatakan demam berdarah apabila sudah dilakukan pemeriksaan darah
  • Demam tifoid (tipes), demam yang tidak terlalu tinggi umumnya muncul setiap sore hingga malam, berlangsung selama 7 hari.  Disertai keluhan seperti mual, mulut pahit, tidak nafsu makan, sakit perut.  
  • Malaria, disebabkan gigitan nyamuk, identik dengan menggigil, demam, serta keringat dingin.  Biasanya terjadi pada seseorang yang pernah berada pada daerah endemis.  
  • Demam karena infeksi lain, seperti infeksi pernafasan, infeksi pencernaan, infeksi saluran kemih, ataupun infeksi usus buntu.

Beberapa cara untuk mengurangi demam dan sakit perut :

  • Kompres hangat pada daerah lipatan, seperti ketiak, leher, 
  • Perbanyak minum air putih
  • Usahakan makanan yang lembut, bubur
  • Berikan anak parasetamol 3x1 dan antacida 3x1 untuk menurunkan demam dan mengurangi sakit perut
Apabila anak menjadi tidak mau makan, tidur terus, muntah, badan sangat lemas, jika nangis tidak ada air mata, sebaiknya dibawa ke IGD atau dokter spesialis anak terdekat untuk pemeriksaan lanjutan.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah.
maagdemamdemam berdarahmalariademam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil