Apa penyebab demam dok?

GP Info Penanya: GP, Pria, 44 Tahun
Salam, dokter anak saya demam dan nyeri saat menarik nafas di bagian rusuk kiri, di puskesmas diberi obat paracetamol dan vitamin tapi panas masih naik turun ke kisaran 38 derajat, minum obat telah 3 hari pertanda apa ya dok.Sebelumnya karena olah raga ringan dirumah tapi nyeri terus berlanjut hingga demam, selain infeksi virus dan bakteri apa salah grrak bisa menjadi pemicu demam juga ya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam merupakan kondisi meningkatnya suhu tubuh hingga lebih dari 37,50C. Demam menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh.

Demam terjadi sebagai reaksi dari sistem imun dalam melawan infeksi virus, bakteri, jamur, atau parasit penyebab penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyebabkan demam adalah flu, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih.

Demam biasanya akan di sertai dengan keluhan sakit kepala, berkeringat, menggigil, nyeri otot, dan lain sebagainya. Saat Anda demam sebaiknya :

  • Kompres hangat di area dahi dan ketiak
  • Komsumsi banyak air putih agar tidak dehidrasi
  • Anda bisa memberikan obat paracetamol atau obat penurun panas
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Istirahat yang cukup minimal 6 jam / hari

Namun jika demam Anda tidak kunjung turun selama 3 hari atau suhunya bertambah naik hingga 39 C, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mencari tau penyebab pasti dari demam yang Anda alami.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh GP
10 Apr 2020, 09:55
Terimakaih dokter ataa jawabannyaYa dok, hasil lab, cek darah lekap menunjukkan diangka normal dok, sekarang istirahat dirumah, tapi demam masih berlanjut dan terkadang ada mual dan pusing badan juga lemas dok. Bisa dirawat dirumah atau ke dokter lagi dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
10 Apr 2020, 16:54
Selamat sore, GP.
Apabila hasil pemeriksaan laboratorium seluruhnya dalam batas normal, maka umumnya aman untuk dilakukan perawatan dirumah. Mengingat kondisi karantina virus COVID 19, sementara Anda dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas di apotek, serta dibantu dengan konsumsi vitamin C guna menjaga daya tahan tubuh Anda. JIka keluhan tidak kunjung membaik, Anda dapat memeriksakan diri kembali ke dokter terdekat atau ke Puskesmas.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski banyak manfaatnya, kapur sirih juga memiliki efek samping yang berbahaya

Kapur Sirih, Antara Manfaat dan Efek Samping yang Mengerikan

Kapur sirih memiliki manfaat yang tidak sedikit, namun juga efek samping yang berbahaya. Pastikan kapir sirih yang Anda gunakan memang aman untuk dikonsumsi.