Apa penyebab demam dan badan linu?

MW Info Penanya: MW, Pria, 25 Tahun
hallo dok, saya mau tanya saya sudah 2 hari ini demam setiap malam hari dan linu dari pinggang sampai lutut kira-kira ini gejala penyakit apa yah? terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MW,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celsius atau lebih. Demam bisa muncul terus menerus dan bisa muncuk kembali setelah beberapa hari.

Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan demam :

  1. Tifus
    Penyakit ini menular melalui konsumsi makanan atau minuman yang terinfeksi bakteri Salmonella. Gejala lainnya yang juga akan muncul adalah nyeri perut, diare atau sulit buang air besar, lemas, dan demam tinggi hingga 39-40° Celcius.
  2. Demam Berdarah
    demam berdaaarh ditularkan oleh gigitan nyamuk A. aegypti yang terinfeksi virus dengue. Gejala awal berupa tubuh menggigil, muncul bintik-bintik kemerahan di kulit, dan wajah memerah, yang bisa berlangsung selama 2-3 hari.
  3. ISPA
    Infeksi saluran pernapasan atas merupakan salah satu penyebab tersering lain dari demam. Biasanya disertai batuk ataupun nyeri menelan.

Masih banyak penyebab demam seperti infeksi tuberkulosis, malaria, infeksi virus dan lain sebagainya. Berikut penanganan awal yang dapat dilakukan jika Anda mengalami demam :

  • Kompres air hangat di area dahi dan ketiak
  • Banyak konsumsi air putih untuk mencegah dehidrasi
  • Konsumsi paracetamol untuk meredakan demamnya

Jika demam tidak kunjung membaik, atau semakin bertambah buruk disertai gejala lain seperti mimisan, BAB berdarah sebaiknya segera periksakan diri ke RS terdekat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masuk angin biasanya dirasakan ketika seseorang terkena virus dan merasa tidak enak badan

Cara Mengatasi Masuk Angin yang Tepat? Dengarkan Sinyal Tubuh Anda

Perut kembung, mual, demam, dan tidak enak badan merupakan gejala masuk angin. Cara mengatasi masuk angin berakar dari bagaimana Anda mendengarkan sinyal dari tubuh.