Kenapa demam kemudian muncul bintik merah?demam

R1 Info Penanya: R1, Wanita, 20 Tahun
As dok saya mifta u20 th saya demam selama 2 hari dan hari ke 3 demam saya turun dan kluar bintik merah yg terasa gatal sekujur tubuh yg berawal dari bagian leher dok..ini sakit apa ya dok ????tolong bantuannya makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Demam merupakan kondisi meningkatnya suhu tubuh diatas 37,5oC yang di ukur dengan menggunakan alat termometer. Suhu tubuh normal manusia yaitu 36,5-37,5oC. Demam menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh. Penyebab demam bermacam-macam.

Berikut beberapa penyakit yang dapat menyebabkan demam dan muncul bintik merah di tubuh:

  1. Demam Berdarah Dengue
    Merupakan kondisi yang dapat mengakibatkan kerusakan dan kebocoran pembuluh darah, serta dapat menurunkan kadar trombosit. Penyebabnya oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang masuk ke aliran darah manusia melalui gigitan nyamuk. Gejalanya demam, nyeri sendi, muntah, perdarahan seperti di hidung, gusi atau dibawah kulit (petechie).
  2. Campak
    Munculnya ruam kemerahan disebabkan oleh virus. Penularan melalui percikan air liur yang di keluarka saat batuk atau bersin. Gejalanya batuk, pilek dan demam kemudian muncul bercak keputihan di mulut di ikuti ruam kemerahan di wajah.
  3. Rubella
    Disebabkan oleh infeksi virus, walaupun sama dengan campak, efek campak umumnya lebih parag dibandingkan rubella. Gejalanya ruam merah bermula pada wajah kemudian menyebar ke badan dan tungkai, demam, sakit kepala, dan mata merah.
  4. Varicella atau cacar air
    Infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Munculnya ruam kemerahan berisi cairan di seluruh tubuh. Gejalanya demam, pusing, lemas dan nyeri tenggorokan.

Penanganan awal yang bisa Anda lakukan adalah berikan obat penurun panas seperti paracetamol, komres hangat untuk menurunkan demam, istirahat cukup, jaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi dan cukupi kebutuhan air putih. Jika demam dan bintik kemerahan tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang tambahan seperti cek darah lebih lanjut untukmenentukan diagnosis pasti dari keluhan Anda.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cacar air dewasa muncul berawal dari bintik merah di wajah dan dada.

Cacar Air Dewasa Bisa Lebih Berbahaya, Ini Sebabnya

Cacar air identik sebagai penyakit yang kerap dialami anak-anak. Namun, orang dewasa yang belum pernah mengalami cacar air dan tidak menerima vaksin berpotensi untuk mengalaminya. Gejala cacar air dewasa berbeda dengan cacar air anak-anak. Biasanya, demam tinggi disertai nyeri dan sakit kepala akan muncul satu atau dua hari sebelum ruam merah timbul. Selain itu, nafsu makan akan menurun dan tubuh terasa lemas. Cacar air dewasa juga berisiko menimbulkan berbagai komplikasi, seperti infeksi kulit