Demam disertai menggigil, bagaimana mengobatinya?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dok,saya mau tanya saya sudah bbrapa hari ini merasakan demam tinggi dan dingin menggigil yg sangat luar biasa..Bagaimana cara menyembuhkan nya yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NS.

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Kondisi demam adalah mekanisme tubuh ketika sedang terjadi peradangan, infeksi virus, infeksi bakteri, atau hal-hal lainnya. Penyebab demam sangat bervariasi, bisa disebabkan dari ujung kepala sampai ujung kaki, dari kulit ataupun organ dalam.

Ketika demam, tubuh akan merespon dengan menggigil, yang disebabkan karena perbedaan suhu tubuh dengan suhu lingkungan. Selain itu, saat demam tubuh biasanya juga terasa meriang, berkeringat dingin, dan terasa lemas.

Terkait kondisi Anda, jika Anda mengalami demam, perhatikan gejala lain yang terjadi. Misalnya, demam yang disertai batuk kemungkinan berasal dari radang tenggorokan, sedangkan demam yang disertai perdarahan bisa saja demam berdarah dengue.

Lakukan hal-hal berikut untuk sementara waktu:

  • Mengompres kening dengan handuk hangat
  • Minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Jika diperlukan, konsumsi paracetamol atau obat penurun demam lainnya yang dijual bebas sesuai dosis

Jika demam lebih dari 39 derajat, atau tidak turun dalam 3 hari walaupun sudah meminum obat penurun demam, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan laboratorium atau lainnya untuk menegakkan diagnosis penyakit Anda. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemberantasan sarang nyamuk dapat dilakukan dengan membersihkan barang di rumah

Ketimbang Fogging, Pemberantasan Sarang Nyamuk Lebih Efektif Cegah DBD

Fogging seringkali digunakan sebagai cara memberantas nyamuk Aedes aegepty yang sering menjadi sumber penyakit demam berdarah. Namun sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Salah satunya dengan metode 3M. Di samping 3M ada lagi beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Simak di artikel berikut.